Kelompok Tani di Desa Kambitin Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menerima bantuan 46 ekor bibit kambing untuk meningkatkan populasi kambing di 'Bumi Saraba Kawa' sekaligus sebagai daerah pemasok ke IKN.

Kepala Desa Kambitin Heri Gunawan mengatakan bibit kambing ini akan diberikan ke sejumlah kelompok tani, karang taruna dan warga desa untuk dikembangbiakkan.

Baca juga: Realisasi penyelesaian batas desa di Tabalong capai 97,3 persen

"Bantuan ini tindak lanjut usulan kami ke dewan untuk bisa beternak kambing sehingga menambah pendapatan warga," jelas Heri di Tabalong, Selasa.

Bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Tabalong 2023 diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani disaksikan aparat desa, pengurus karang taruna dan anggota Komisi II DPRD Tabalong Mursalin.

Mursalin meminta kelompok tani dan warga Desa Kambitin benar-benar memanfaatkan bantuan ini dan serius mengembangbiakkan.

Baca juga: Satresnarkoba Tabalong tangkap perempuan pengedar sabu yang berstatus bebas bersyarat

"Jangan sampai gagal karena bantuan ini akan selalu dipantau agar perkembangan kambing di Tabalong bisa lebih cepat," ungkap Mursalin.

Selain untuk memenuhi kebutuhan daging kambing lokal, Mursalin juga berharap program bantuan bibit kambing juga bisa disuplai ke IKN dan sekitarnya.

Sebelumnya, Fungsional Pengawas Bibit Ternak Ahli Muda/Bidang Sarana Disbunnak Tabalong Fahriadi mengatakan program bantuan bibit kambing pada triwulan kedua juga akan  diberikan kepada kelompok tani Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Bintang Ara.

Alokasi dana sekitar Rp800 juta bersumber dari APBD tahun 2023 untuk penyediaan 99 ekor bibit kambing terdiri dari 89 ekor bibit kambing betina dan 10 ekor kambing jantan pemacak jenis Full Blood Boer.

"Dengan program bantuan bibit ternak kambing Kabupaten Tabalong tidak perlu lagi impor kambing dari luar daerah," jelasnya.

Baca juga: Tradisi Manaik Manau Tabalong meriahkan Blitar Ethnic National Carnival 2

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023