Tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan penilaian kinerja kelompok dan kelembagaan perikanan budi daya 2011, di Desa Kambitin Raya, Kecamatan Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan, Rabu.



Menurut M Azmi dari Direktorat Produksi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dua kelompok pembudi daya ikan asal Desa Kambitin masing-masing UPR Sido Makmur dan Kelompok Jaya Mukti masuk nominasi nasional untuk kategori ikan nila dan UPR ikan air tawar.


"Parameter penilaian terkait kinerja kelompok dan kelembagaan dari masing-masing kelompok baik itu aspek sosial, ekonomi maupun teknis," katanya saat melakukan peninjauan di Tanjung.


Dalam penilaian lomba kinerja kelompok dan kelembagaan perikanan budi daya 2011, tim KKP terdiri atas empat orang masing-masing M Hanafi (Direktorat Bina Usaha), Multiyati (Direktorat pembenihan), Carlos Losbon Sirait (Direktorat Bina Usaha) dan M Azmi (Direktorat Produksi).


Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Budi Daya Dinas Perikanan dan Lelautan Kalsel, Siti Rahmi Fatmawati.


"Untuk Kalimantan Selatan, terdapat lima kelompok yang masuk nominasi penilaian kinerja kelompok dan kelembagaan perikanan budi daya 2011," jelas Kabid Budidaya, Rahmi.


Selain dua pembudi daya asal Tabalong, yakni satu kelompok dari UPP Tapin, pembudi daya udang Tanah Bumbu dan Balai Benih Ikan air tawar Provinsi Kalsel.


Kepala Dinas Tanaman Pangan, Peternakan dan Perikanan (Distanakkan) Tabalong, M Saleh mengatakan bahwa prestasi yang diraih pembudi daya asal Desa Kambitin bisa menjadi contoh bagi petani  lainnya.


"Keberhasilan suatu kelompok usaha tentunya didukung kinerja dan kelembagaan yang baik karena itu masuknya dua pembudidaya asal Desa Kambitin dalam nominasi nasional bisa memotivasi pembudidaya lainnya untuk lebih baik," demikian Saleh.mia/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011