Kodim 1001/HSU-BLG menanam pohon serentak memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-65 Kodam VI/Mulawarman dan pembinaan lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di Taman Palidangan Kecamatan Paringin.

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka HUT ke-65 Kodam VI/Mulawarman dengan menanam tanaman produktif, seperti buah-buahan berupa mangga, sirsak, jeruk dan buah-buahan yang menghasilkan lainnya,” kata Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja di Balangan, Selasa.

Dhuwi menuturkan tujuan dari penanaman pohon serentak kali ini untuk menjaga keseimbangan alam dan mengurangi dampak bencana alam seperti banjir, tanah longsor maupun kebakaran hutan.

Dhuwi melanjutkan dia bersama pihak lainnya menanam kurang lebih sebanyak 300 pohon, terdiri dari 100 pohon nangka, 75 pohon jambu air, 75 pohon sirsak dan 50 pohon jambu agung.

Dandim berharap penanaman tersebut nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dinikmati generasi selanjutnya, khususnya di wilayah Kabupaten Balangan.

Selain itu, Dhuwi berharap masyarakat yang berada di sekitar Paringin dapat membantu memelihara serta merawat pohon yang sudah ditanam supaya tumbuh dengan baik.

"Dengan adanya penanaman pohon produktif ini dapat mengurangi dampak bencana alam, termasuk juga bertujuan menjaga polusi tetap sejuk sehingga ke depannya dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama generasi selanjutnya," ucap Dhuwi.

Diketahui kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 1001/ HSU-Balangan didampingi Kajar Balangan, Kapolres Balangan, Kadis Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Pengadilan Negeri Paringin dan Ketua PMM Balangan. 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023