Gemerlap cahaya warnai kemeriahan momen pembukaan Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional Tahun 2023 yang digelar di Kiram Park, Desa Kiram, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Didukung cuaca yang cerah, dengan tatanan panggung yang megah tampak lebih meriah dan semarak, untuk pelaksanaan serangkaian acara pembukaan KBN tahun 2023, yang diawali dengan parade defile kontingen Kwartir Daerah dari seluruh Provinsi di Indonesia, pada Senin malam.

Parade yang meriah itu, menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan negara.

Setelah parade, dilanjutkan dengan pemutaran video “Kalsel Babussalam”. Video ini menampilkan sejarah singkat perjuangan heroik masyarakat Kalimantan dalam memproklamasikan kemerdekaan, serta menyoroti warisan budaya yang kaya dan pesona eksotis Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penekanan tombol sirine oleh Sekjen Kwarnas Mayjen TNI (Purn) Bahtiar Utomo, Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kalsel H. Sahbirin Noor dan Ketua Kwarda Kalsel Hj. Raudatul Jannah, sebagai tanda bahwa acara KBN 2023 secara resmi dibuka.

Moment ini disertai dengan peluncuran kembang api yang memukau, memberikan keindahan visual yang mempesona.

Dalam rangkaian acara seni, kolaborasi antara Lanal Banjarmasin dan Sanggar Tari Akademi Borneo Gunung Khayangan dari Politeknik Tanah Laut, hadir dengan drama tari Perang Batakan.

Drama ini mengisahkan perlawanan pasukan Kalimantan Selatan terhadap penjajah Belanda, yang dikenal sebagai perang batakan. Penampilan ini menggugah semangat patriotisme dan kebanggaan akan sejarah perjuangan daerah.
 
Acara pembukaan Kemah Bela Negara (KBN) tahun 2023, di Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (11/7/2023) (ANTARA/HO-Biro Adpim Kalsel)

Tidak hanya itu, penampilan dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalsel turut memeriahkan acara ini dengan aksi yang memukau dan mencerminkan kekayaan budaya Indonesia.

Selain itu, pagelaran tari Mahelat Lebo juga menjadi bagian yang tak terlupakan dari acara ini.

Tarian ini menggambarkan kesiapan masyarakat suku Dayak Bakumpai Kabupaten Batola dalam mempertahankan lebo atau kampung halaman mereka. Keindahan gerakan dan kostum yang dipertontonkan menghipnotis penonton.

Pembukaan Kemah Bela Negara Tingkat Nasional Tahun 2023 ini menjadi momen yang berkesan bagi Kalsel dan seluruh peserta yang hadir.

“Mudah-mudahan, kita mampu melakukan bela negara untuk bangsa ini, kita rawat bangsa ini dari permusuhan dan perpecahan, rawat bangsa ini dari penyebaran narkoba,rawat bangsa ini dari kerusakan lingkungan,” kata Gubernur Sahbirin Noor.
 
Acara pembukaan Kemah Bela Negara (KBN) tahun 2023, di Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (11/7/2023) (ANTARA/HO-Biro Adpim Kalsel)

Acara yang komprehensif dan penuh dengan kegiatan menarik ini berhasil menunjukkan keberagaman dan keindahan Indonesia kepada dunia.

Semoga acara ini dapat menginspirasi semangat bela negara dan menciptakan rasa persatuan yang lebih kuat di antara seluruh warga negara Indonesia.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023