Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kalimantan Selatan (DPRKP Kalsel) Mursyidah Aminy menyebutkan, pada tahun 2023, Kabupaten Barito Kuala (Batola) menerima bantuan sebanyak 105 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

"Bantuan RTLH  itu berada di Desa Jejangkit, Desa Bahandang, Desa Sampurna dan Kecamatan Alalak," ujar Mursyidah Aminy, dalam pers rilis diterima, Minggu.

Menurut dia, bantuan rumah tersebut diberikan  akibat bencana banjir di tahun 2021 lalu. 

"Masih ada lagi sekitar 3.000 rumah perlu penanganan kita bersama" ucapnya, selepas acara penyerahan bantuan secara simbolos dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, di Kecamatan Jejangkit.

Penjabat Bupati Batola Mujiyat mengatakan, warga Kecamatan Jejangkit dekat dihatinya Paman Birin, karena Gubernur Kalsel Sahbirin Noor kerap mengunjungi Jejangkit dengan menaiki trail dan bermalam.

"Bantuan rumah perbaikan Aladin (atap, lantai dan dinding) di Batola dapat menjadi momentum untuk dikenang dari kepemimpinan Paman Birin, "pungkasnya.

Mujiyat mengajak warga menyerukan bersama mengatakan Bergerak Yes, Barito Kuala BISA! 

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan,  musibah banjir  terjadi di Kecamatan Jejangkit, Barito Kuala (Batola), adalah musibah banjir yang cukup luar biasa lamanya.

"Bisa dikatakan banjir tersebut pernah terjadi di seratus tahun lalu," terangnya.

Menurut dia, bencana banjir  dialami itu menunjukan semua orang mempunyai mental bertahan dan kuat.

Terlebih Kabupaten Batola dan Kabupaten Banjar, sebut dia, mengalami bencana banjir pada waktu lama dan  mampu menghadapinya dengan sabar. 

"Banyak RTLH belum kita sentuh untuk ditingkatkan keberadaannya. Upaya kita paling tidak meringankan beban warga kita. Haram manyarah waja sampai kaputing" sebutnya.

Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2023 dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kalimantan Selatan bagi warga korban terdampak bencana alam banjir Desa Jejangkit, Kecamatan Jejangkit diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, di halaman Kantor Pemerintahan Kecamatan Jejangkit, Sabtu (8/7). 

Pada penyerahan bantuan itu, Gubernu Kalsel H Sahbirin Noor dudamping Penjabat  Bupati Batola Mujiyat, Dandim 1005, Forkopimcam, Kepala BKKBN  Kalsel, DPD Rei Kalsel dan Penjabat Tim Penggerak  PKK Batola.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023