Jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan berjumlah 18 Kloter mulai kembali ke Tanah Air pada 9 Juli- 3 Agustus 2023.
 
Menurut Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalsel Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Selasa, Kloter pertama yang diberangkatkan 29 Mei 2023 ke Tanah Air pada Minggu (9/7).

Baca juga: Info Haji - Tujuh jamaah haji asal Kalselteng wafat
 
"Kloter pertama jamaah haji dari Kabupaten Banjar dijadwalkan mendarat pesawatnya di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin pada pukul 23.35 WITA," ujar Tambrin.
 
Untuk kelancaran kedatangan jamaah haji ini sesuai rencana, ungkap Tambrin, maka PPIH Embarkasi Banjarmasin mulai mempersiapkan kegiatan penyambutan.
 
"Karenanya kita hari ini lakukan rapat bersama untuk persiapan penyambutan jamaah haji tersebut sekaligus evaluasi pelayanan keberangkatan kemarin," tutur Tambrin.

Tambrin menuturkan rapat ini dihadiri para instansi terkait, yaitu Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, Kantor Kesehatan Kelas II Banjarmasin, Garuda Indonesia, Gapura, Kepolisian, Bea dan Cukai, Biro Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Kalsel dan Kalimantan Tengah.
 
Demikian juga Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan serta anggota PPIH Debarkasi Banjarmasin.
 
"Khusus yang kita bicarakan pada rapat ini mengagendakan mekanisme penyambutan sejak pesawat mendarat di bandara, penerimaan di asrama haji sampai dengan jamaah haji pulang meninggalkan asrama haji," ucap Tambrin.

Baca juga: Jamaah haji Kalsel dipastikan tanpa kendala jalani ibadah di Armuzna
 
Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan koordinasi dan kerja sama agar menjalankan peran secara maksimal dalam memberikan pelayanan, terutama terhadap jamaah haji lansia sesuai dengan tagline penyelenggaraan ibadah haji tahun ini "Haji Ramah Lansia".
 
Tambrin mengharapkan panitia daerah nantinya turut membantu PPIH Debarkasi Banjarmasin dalam pelayanan bagi jamaah lansia atau uzur yang memang memerlukan penanganan khusus.
 
"Setiap Kloter bisa digambarkan lansia yang uzur, sehingga bisa dikoordinasikan dan diantisipasi," paparnya.
 
Untuk penanganan jamaah haji lansia, Tambrin juga meminta secara khusus kepada UPT Asrama Haji Banjarbaru untuk menyiapkan secara optimal.
 
Diketahui, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 5.708 jamaah calon haji berserta petugas haji pada 2023, yakni jamaah haji dari Kalsel dan Kalteng.
 
Hingga kini, tercatat sebanyak tujuh jamaah haji Embarkasi Banjarmasin wafat di Tanah Suci Arab Saudi.

Baca juga: Perjalanan jamaah Embarkasi Banjarmasin ke Arafah tanpa kendala

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023