Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Wayau Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengembangkan wisata lokal dengan menambah sejumlah sarana dan prasarana pendukung.

Ketua Pokdarwis Desa Wayau Suriansyah mengatakan wisata Desa Wayau Tanjung Utara (Dewata) kini telah memiliki gazebo, mushala dan sarana lomba burung.

 "Tempa wisata Dewata kita bangun secara swadaya dan kerap menjadi lokasi lomba burung berkicau," jelas Suriansyah di Tabalong, Minggu.

 Selaku Dewan Pembina Pokdarwis Ahmad Helmi berharap keberadaan wisata dengan panorama sungai dan perkebunan ini dapat meningkatkan perekonomian warga Desa Wayau termasuk UMKM lokal.

"Sarana penunjang berupa pembuatan jalan masuk dan parkir di lokasi wisata akan dibangun tahun ini melalui dana desa," jelas Helmi yang juga anggota komisi 3 DPRD Tabalong.

Selain dukungan dana desa Pemkab Tabalong melalui APBD Kabupaten 2023 melakukan perbaikan jembatan menuju tempat wisata.

Dalam kontes burung berkicau ini Kepala Desa Wayau Masrani sekaligus meresmikan kembali wisata Dewata.

 Kehadiran puluhan peserta kontes burung berkicau dari luar Tabalong  ini diyakini makin mempopulerkan wisata alam Desa Wayau sekaligus berikan kontribusi bagi desa.

Saat ini di Kabupaten Tabalong tercatat 28 Pokdarwis yang mendukung pengembangan sektor wisata dan 22 kelompok mendapat dana stimulan dari Pemkab Tabalong Rp500 ribu per bulan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023