Surabaya, (Antaranews Kalse)l - Pelabuhan Indonesia III kembali menggelar mudik bersama yang dikhususkan bagi para penumpang kapal laut, setelah tahun 2015 lalu sukses menyelenggarakan kegiatan serupa yang bertajuk “Yuk Pulang Kampung! - Mudik Gratis Bareng Pelindo III”.

Edi Priyanto, Kepala Humas Pelindo III mengungkapkan tak kurang dari lima ribu orang akan diantar Pelindo III mudik langsung ke kampung halamannya. “Setidaknya lebih dari 5.600 orang pemudik kapal laut dari Kalimantan dan  Sulawesi  akan diantar Pelindo III dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang menuju kebeberapa kota tujuan di Pulau Jawa,” papar Edi.

Pemudik yang berasal dari Kalimantan diantaranya melalui pelabuhan Kumai, Sampit, Banjarmasin, Pontianak dan Balikpapan. Sementara dari Sulawesi
melalui Pelabuhan Makassar.

Pelindo III akan menyediakan bus gratis pada dua lokasi pelabuhan yaitu Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Bus gratis tersebut tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak H-7 hingga H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 H atau mulai tanggal 28 Juni hingga 5 Juli 2016.

Untuk keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, setiap hari  tersedia 10 unit bus yang akan melayani 4 rute ke sejumlah kota di Provinsi Jawa Timur yaitu Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, Lamongan-Bojonegoro-Cepu.

Kemudian, untuk bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang tersedia 6 unit bus yang akan melayani empat rute menuju kota di Provinsi Jawa Tengah yaitu rute Demak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Yogyakarta, dan rute pantura yang menuju Kendal-Pekalongan-Pemalang. Seluruh peserta Mudik Gratis Bareng Pelindo III dilindungi oleh asuransi yang ditanggung seluruhnya oleh Pelindo III.

"Pemudik dapat langsung mendaftarkan diri begitu tiba di Pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukkan tiket kapal dan bukti identitas diri," terang Edi.

Program yang diprakarsai oleh Pelindo III menggandeng BUMN lain yaitu PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) selaku operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk menyediakan armada bus.

Beberapa nama kapal penumpang Pelni yang para penumpangnya turun di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan akan langsung diantar kebeberapa kota di Jawa Timur, di antaranya meliputi Kapal Tidar dan Gunung Dempo dari Pelabuhan Makasar, Kapal Kelimutu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Labobar dan Nggapulu dari Pelabuhan Balikpapan dan Kapal Bukit Raya dari Pelabuhan Pontianak.

Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pemudik yang berkesempatan diantar kekampung halaman pada beberapa kota di Jawa Tengah diantaranya berasal dari para penumpang Kapal Binaiya dari Pelabuhan Sampit, Kapal Egon dan Kelimutu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Egon dari Pelabuhan Banjarmasin dan Kapal Lawit dari Pelabuhan Pontianak.

Jumlah kursi bus dan bagasi yang disediakan untuk mudik gratis sifatnya terbatas, sebanyak 10 bus yang disediakan di Pelabuhan Tanjung Perak dapat mengangkut sedikitnya 480 orang untuk setiap kapalnya. Untuk pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang disediakan sebanyak 6 bus bagi 288 orang pemudik yang turun di pelabuhan utama di Jawa Tengah tersebut.

"Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini untuk memudahkan para penumpang kapal laut yang selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga selamat sampai kota tujuan," ungkap Edi Priyanto.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait program mudik gratis bagi penumpang kapal laut yang diselenggarakan oleh Pelindo III, bisa langsung mengakses ke website : www.pelindo.co.id.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016