Batulicin (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) anggaran 2016 menerima dana sebesar Rp161 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).


"Dana tersebut untuk pembangunan Jalan Lingkar 3 Batulicin, pelebaran jalan dari Sungai Cuka, Kecamatan Sebamban, menuju Kecamatan Kusan Hilir, pelebaran jalan Sebamban yang menghubungkan dengan Kecamatan Batulicin, dan pelebaran jalan menuju Sungai Kupang," kata Kedis PU setempat Roy Rizali Anwar, di Batulicin, Rabu.

Ia mengatakan, dari dana Rp161 miliar tersebut juga akan diperuntukkan untuk perbaikan jalan nasional rawan longsor yang menghubungkan Kabupaten Tanah Bumbu dengan Kabupaten Hulu Selatan.

Dana yang dialokasikan untuk pembangunan jalan Lingkar 3 Batulicin sebesar Rp43 miliar, pelebaran jalan dari Sungai Cuka Kecamatan Sebamban menuju Kecamatan Kusan Hilir Rp48 miliar, pelebaran jalan Sebamban yang menghubungkan dengan Kecamatan Batulicin Rp31 miliar.

Sedangkan dana yang dialokasikan untuk pelebaran jalan dari Kecamatan Batulicin menuju Sungai Kupang sebesar Rp31 miliar dan perbaikan jalan nasional rawan longsor yang menghubungkan Kabupaten Tanah Bumbu dengan Kabupaten Hulu Selatan sebesar Rp40 miliar.

Sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanah Bumbu juga menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp140 miliar di mana dana tersebut khusus untuk membangun jalan, irigasi dan pembangunan sarana publik di daerah seperti, air minum, perumahan dan permukiman.

Dana yang dialokasikan untuk pembangunan jalan kabupaten sebesar Rp85 miliar, untuk irigasi Rp25 miliar, sedangkan untuk pembangunan publik daerah sebesar Rp30 miliar.

"Kami memperkirakan untuk pembangunan dan pelebaran jalan nasional di Kabupeten Tanah Bumbu akan rampung sebelum memasuki periode 2017," terangnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016