Petugas Bhabinkamtibmas Polsek Banjarbaru Utara bersama aparat kelurahan dan warga setempat mengamankan seekor buaya yang berkeliaran di Sungai Guntung Jingah, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada Sabtu malam (10/6).

“Buaya sudah diamankan oleh petugas, tidak ada korban jiwa,” ucap Kapolsek Banjarbaru Utara Kompol Yopie Andri Haryono saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: Insiden buaya harus jadi pelajaran untuk lebih waspada

Ia mengatakan personel Bhabinkamtibmas bersama warga setempat mengevakuasi buaya tersebut setelah ada laporan buaya berkeliaran pada siang dan sore hari.

Yopie menuturkan penemuan seekor buaya tersebut bermula dari laporan salah seorang warga setempat yang sedang memancing ikan di sekitar sungai.

“Setelah ada laporan, pihak kelurahan setempat bersama petugas serta warga bersama-sama mencari keberadaan buaya,” kata Yopie.

Baca juga: Kemunculan buaya muara, gegerkan warga Swarangan

Dia menyebutkan setelah seluruh pihak bekerja sama menyusuri sungai, akhirnya buaya tersebut ditemukan dan segera diamankan petugas.
Petugas bersama warga setempat bekerja sama mencari keberadaan buaya di sekitar Sungai Guntung Jingah, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu malam (10/6). (ANTARA/HO-Kapolsek Banjarbaru Utara)
Ia mengungkapkan panjang buaya sekitar satu meter dan tidak terlalu besar serta tidak menimbulkan bahaya berlebihan.

Lebih lanjut, meskipun buaya tidak berukuran besar, ia mengimbau warga setempat agar tetap berhati-hati.

Yopie meminta warga tidak beraktivitas di sekitar sungai untuk sementara waktu guna menghindari hal yang membahayakan.

Baca juga: BKSDA siap tangkap buaya terkam guru di Kotawaringin Timur

Ia mengatakan kemunculan buaya di sungai tidak terlalu menimbulkan masalah besar karena masih dapat diatasi oleh petugas dan warga setempat.

Dia menyampaikan buaya tersebut diserahkan oleh petugas kepada pihak yang berwenang yakni BKSDA Kalsel untuk dilakukan tindakan lebih lanjut terkait asal usul munculnya buaya tersebut.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023