Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan terus menyiapkan kualitas Sumberdaya manusia pengawas dari kecamatan hingga kelurahan untuk menghadapi proses Pemilu 2024 yang makin menantang.
 
Karenanya, Bawaslu Banjarmasin menggelar fasilitas dan pembinaan aparatur pengawas Pemilu bertema "meningkatkan kapasitas SDM pengawas Pemilu" di Hotel Best Western Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Bupati Banjar ingatkan netralitas ASN di pemilu dan pilkada 2024
 
Anggota Bawaslu Kota Banjarmasin Munawar Khalil sebagai Kadiv SDM Organisasi dan Diklat, menyampaikan, bahwa pada kegiatan ini diundang seluruh anggota Panwas di lima kecamatan dan Panwas di 52 kelurahan.
 
Menurut dia, penting untuk ditingkatkan pengetahuan dan wawasan para petugas pengawas Pemilu sebagai ujung tombak di lapangan ini, agar mereka bisa bekerja lebih profesional dan berintegritas.
 
Sebab, lanjut Munawar, proses Pemilu 2024 ini terus berjalan, di mana proses selanjutnya akan makin menantang, hingga semua SDM harus berkualitas untuk bisa menghadapinya.
 
Selain tentunya menambah pengetahuan bagaimana bertindak di lapangan, ucap dia, semangat dan mental untuk terus membuat Pemilu 2024 menjadi demokratis harus tetap kuat hingga berakhirnya Pemilu.
 
Dia pun menyampaikan, untuk memompa pengetahuan dan wawasan para Panwas kecamatan dan kelurahan ini, pihaknya pun mendatangkan narasumber yang profesional dan berpengalaman, yakni, mantan Panwas (dulunya) sekarang Bawaslu Kalsel Prof Hadin Muhjad yang juga akademisi Universitas Lambang Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Baca juga: Mantan Ketua KPU RI: Pemilu sebagai momen mempersatukan bangsa
 
Selanjutnya mantan Ketua PWNU Kalsel yang juga akademisi Universitas Nahdlatul Ulama Kalsel Drs Sarbani Haira.

"Kita harap dengan siraman pengetahuan kedua tokoh ini anggota kita makin solid bertugas di lapangan," ujarnya.
 
Perhelatan Pemilu 2024 pada Juni 2023 sudah memasuki babak verifikasi peserta bakal calon anggota legislatif dari tingkat kota dan provinsi.
 
Selain itu, proses proses pemutakhiran data pemilih tetap yang berhak mencoblos pada Pemilu 2024.

Baca juga: Delapan calon bersaing jadi anggota Bawaslu Kalsel 2023-2028

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023