Pelaihari, (AntaranewsKalsel) - Desa Bumi Asih, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, ditetapkan sebagai daerah mandiri energi oleh pemerintah kabupaten setempat .

  "Selain ditetapkan sebagai daerah mandiri energy, Desa Bumi Asih juga ditetapkan sebagai daerah ramah lingkungan," ujar Camat Panyipatan Sofyan Hadi, di Pelaihari.

  Menurut dia, ditetapkannya desa tersebut sebagai daerah mandiri energi karena beberapa rumah warga menggunakan energi biogas dari kotoran sapi untuk sumber daya listrik.

  Dengan sumber daya listrik dari energi biogas tersebut, ucap dia, maka warga sangat merasakan manfaatnya, terutama untuk penerangan dan lainnya.

  Sedangkan penetapan sebagai daerah ramah lingkungan, sebut dia, karena petani Desa Bumi Asih menggunakan pupuk alami yang terbuat dari kotoran sapi.

  Dia berharap, dengan ditetapkannya sebagai daerah mandiri energi dan daerah ramah lingkungan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

Terpisah, Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah menyambut baik ditetapkannya Desa Bumi Asih sebagai daerah mandiri energi dan ramah lingkungan.

  Dijelaskannya, potensi yang bisa diberdayakan masyarakat sebagai sumber energi listrik maupun lainnya, Pemkab Tanah Laut sangat mendukung hal tersebut.

Energi listrik dari biogas merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan penerangan maupun lainnya, demikian tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016