Ketua DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan Fadliansyah mengatakan, masyarakat harus konsisten dalam menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila pada kehidupan sehari-hari.
 
"Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus terus kita terapkan dalam kehidupan sehingga terwujud kedamaian dan ketenangan di tengah masyarakat," ujarnya di Kota Banjarbaru, Kamis.
 
Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPRD usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipusatkan di Lapangan Dr Murdjani Banjarbaru diikuti wali kota dan Forkopimda serta undangan lainnya.
 
Menurut Fadliansyah, Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa dan negara Indonesia harus dijunjung tinggi dan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya harus dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.
 
"Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam butir-butir Pancasila harus mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama oleh generasi muda melalui berbagai kegiatan positif," pesannya.
 
Ditekankan Fadliansyah, nilai-nilai luhur Pancasila harus diterapkan di berbagai bidang dan kegiatan yang erat kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat termasuk kegiatan sosial dan bermanfaat lainnya.
 
"Nilai-nilai luhur Pancasila harus bisa menjadi inspirasi dalam melakukan berbagai kegiatan sosial yang bisa membawa manfaat bagi masyarakat sehingga terwujud kebersamaan dalam kehidupan," ungkapnya.
 
Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengimbau generasi muda mampu mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam butir-butir Pancasila.
 
"Pancasila mengandung nilai-nilai luhur sehingga kami meminta warga terutama generasi muda Banjarbaru mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya usai mengikuti upacara.
 
Dikatakan Aditya, hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni harus dimaknai sebagai sebuah penyemangat warga negara yang menjadi pegangan hidup sehingga harus diterapkan setiap silanya.
 
"Peringatan hari lahir Pancasila ini juga dimaknai sebagai sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bahwa nilai-nilai Pancasila harus mampu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023