Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani Isteri Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan dan Ketua DPRD Banjarbaru H AR Iwansyah menghadiri buka puasa bersama RT/RW dan LPM se- Kota Banjarbaru di Masjid Agung Al Munawarah Banjarbaru.

Hadir juga Plt Sekda Kota Banjarbaru H Said Abdullah, Forkopimda Kota Banjarbarudan Ketua Forum RT/RW Kota Banjarbaru dan para pelajar yang sedang ikut kegiatan  pesanteren ramadhan di Masjid Agung Al Munawarah Banjarbaru.

Ketua Forum RT/RW Kota Banjarbaru Iwan Setiawan mengatakan kepada para RT/RW dan LPM se-Kota Banjarbaru agar bisa memberikan dukungan kepada Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru dalam membangun Banjarbaru.

Nadjmi mengucapkan selamat menjalankan .Ibadah puasa di bulan ramadhan 1437 H, ibadah puasa yang telah kita jalani ini hampir menyelesaikan sepuluh hari pertama. Pada 10 hari pertama bulan Ramadhan ini Allah Subhanahu Wata’alla memberikan rahmat dan limpahan pahala dari berbagai amalan yang kita lakukan selama puasa.

Fase 10 hari pertama ramadhan memang merupakan fase terberat dan tersulit karena merupakan fase peralihan dari kebiasaan pola makan normal menjadi harus menahan lapar dan haus mulai dari subuh hingga magrib.

Kesempatan ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Nadjmi dan Jaya karena dapat bertemu dan bersilaturahmi bersama para ketua RT/RW dan jajaran lembaga pemberdayaan masyarakat se Kota Banjarbaru. Kegiatan berbuka puasa bersama seperti ini tentunya merupakan sarana kita untuk saling mengeratkan kebersamaan dan jalinan ukhuwah islamiyah kita.

Kebersamaan ini adalah anugerah. Maka, marilah kita jaga kebersamaan ini agar tetap terpelihara dengan baik dari waktu ke waktu. Nadjmi juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada seluruh ketua RT/RW dan lembaga pemberdayaan masyarakat se-Kota Banjarbaru yang telah memberikan sumbangsih, dedikasinya dan peran aktifnya selama ini melalui berbagai program dan kegiatan sosial kemasyarakatan demi kelancaran pembangunan di Kota Banjarbaru.

Dukungan dan bantuan terbaik saudara-saudara adalah ujung tombak pelayanan masyarakat dan sangat besar artinya. Maka Nadjmi mengharapkan dukungan, bantuan, kebersamaan dan kerjasama ini dapat ditingkatkan di masa mendatang.

Nadjmi juga menjelaskan tentang program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari Pemerintah Pusat yang akan menyasar 24 juta siswa kurang mampu yang sebelumnya terdaftar sebagai penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM). Tak hanya itu, peserta KIP nantinya juga bakal ditambah dari golongan anak-anak miskin tidak sekolah, dengan harapan, mereka bisa bersekolah lagi.

Sedangkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan jenis kartu atau program yang dimana memiliki fungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, pemegang kartu KIS dapat menggunakannya di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut. Kartu ini merupakan program yang bertujuan untuk melakukan perluasan dari program kesehatan yang sebelumnya telah dilakukan Pemerintah.

Yang mana penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) langsung didata oleh Pemeintah Pusat dan dibagikan langsung kepada yang berhak menerima kartu ini, maka diminta kepada RT/RW dan LPM dapat membantu pendistribusian kartu ini. Yang mana akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2016.

Kepada RT/RW agar bila ada tamu dari luar wajib lapor 1 X 14 jam supaya tidak ada paham radikal yang masuk ke Kota Kita," harap Nadjmi.

Dia juga menghimbau kepada RT/RW dan LPM agar menyampaikan kepada warganya bahwa musim kemarau sudah dekat, untuk itu diminta agar warga tidak membakar hutan/ lahan kosong saat musim kemarau.
 
Wali Kota Banjarbaru juga menyerahkan bingkisan sembako secara simbolis kepada perwakilan RT/RW yang mewakili, didampingi Wakil Walikota dan Ketua DPRD Banjarbaru. (Upik Hms Pemko Bjb/f)

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016