Martapura, (AntaranewsKalsel) - Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menuntaskan pencacahan 1.005 blok sensus yang menjadi sasaran sensus ekonomi di daerah itu.


"Seluruh blok sensus sebanyak 1.005 sudah dicacah selama satu bulan pelaksanaan sensus ekonomi 1-31 Mei 2016," ujar Kepala BPS Banjar Edi Rahmadi di Martapura, Minggu.

Ia mengatakan, 1.005 blok sensus itu tersebar di 20 kecamatan yang meliputi 300 desa maupun kelurahan dan pendataannya ditangani 537 petugas cacah lapangan.

Dijelaskan, setiap petugas sensus diberikan tugas mencacah dua hingga tiga blok sensus dengan jumlah rumah tangga yang disensus mencapai 300 rumah tangga.

"Setiap petugas harus mencacah blok sensus yang menjadi tanggung jawabnya dan dimasukkan ke dalam laporan yang direkap dan dihimpun petugas BPS," ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya masih belum bisa menyampaikan hasil pencacahan sensus ekonomi secara keseluruhan karena penyisiran rumah tangga yang belum dicacah masih berlangsung.

"Sesuai petunjuk BPS pusat, masa pencacahan dengan cara penyisiran diperpanjang hingga 15 Juni 2016 sehingga hasil pendataan keseluruhan belum bisa disampaikan," ujarnya.

Dikatakan, penyisiran diperlukan untuk memastikan rumah tangga terutama yang memiliki usaha masuk dalam daftar sensus karena sasaran sensus ekonomi adalah sektor usaha.

"Kemungkinan, masih ada rumah tangga yang menjalankan usaha tetapi belum disensus sehingga diperlukan penyisiran agar sasaran yang belum bisa dicacah seluruhnya," kata dia.

Ditambahkan, pelaksanaan sensus ekonomi secara umum di Kabupaten Banjar berjalan lancar dan tidak ada hambatan yang menghalangi sensus selama satu bulan itu.

"Pelaksanaan sensus lancar tanpa hambatan, meski pun masih ada masyarakat yang tidak mau memberi data, tetapi setelah dijelaskan, mereka bersedia," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016