Sebanyak 80 tim mengikuti Napak Tilas Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan yang digelar di Hulu Sungai Selatan (HSS) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Divisi IV ALRI, yang dilepas dari depan pendopo Bupati HSS.

Pelepasan dilakukan Minggu (14/5) malam oleh Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan didampingi Bupati HSS, H. Achmad Fikry yang melepas peserta pawai obor yang terdiri dari 80 tim, dengan masing-masing anggota lima orang.

"Perjuangan bersejarah dari peringatan HUT Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan tersebut, diimplementasikan dengan serangkaian kegiatan," kata Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, dalam keterangan mengutip pers release Diskominfo HSS, di Kandangan, Senin.

Baca juga: 80 tim mendaftar Napak Tilas Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan

Dijelaskan Agus, rangkaian kegiatan dimulai dengan kegiatan Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, tanggal 14 Mei 2023.

Kemudian, acara puncak pelaksanaan peringatan HUT ke-74 Tahun Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, pada tanggal 17 Mei yang akan datang.

"Hal tersebut sekaligus merupakan momentum untuk lebih menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan cinta NKRI, serta momentum untuk mengkampanyekan proklamasi 17 Mei 1949, sebagai peristiwa bersejarah yang harus diketahui oleh seluruh warga Kalimantan Selatan, bahkan seluruh Indonesia," ucap Agus.

Menurut Agus, peristiwa perjuangan ini akan selalu diingat dan menjadi tinta emas catatan sejarah bangsa, jasa-jasa pahlawan asal bumi Lambung Mangkurat, Kota Kandangan, suri tauladan bagi seluruh prajurit TNI Angkatan Laut dan seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Napak Tilas Divisi IV ALRI kembali digelar di HSS

Sebelum pelepasan peserta, Bupati HSS, H. Achmad Fikry,  menyerahkan sebuah Teks Proklamasi 17 Mei 1949 kepada perwakilan peserta, kemudian silaturahmi dikemas dalam ramah tamah serta makan bersama di pendopo bupati.

Fikry berharap dengan silaturahmi ini bisa semakin memperkuat sinergitas, antara Pemerintah Kabupaten HSS dan TNI Angkatan Laut.

"Mudah-mudahan ini momentum yang baik bagi kita, semoga ke depannya ada kegiatan yang sama atau lainnya untuk mengenang sejarah," pungkas Fikry.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023