Napak Tilas Divisi IV ALRI 2023 kembali digelar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan dukungan dari Danlanal Banjarmasin Laksamana Pertama TNI Deni Herman.

Ketua DHC 45 HSS, Syamsuri Arsyad di Kandangan, Jumat, menuturkan panitia Napak Tilas telah bersilaturahmi dengan Danlanal Banjarmasin Laksamana Pertama TNI Deni Herman.

“Kami dalam silaturahmi tersebut, meminta dukungan kepada Danlanal agar kegiatan nanti dapat berjalan sesuai rencana,” kata Syamsuri.

Baca juga: DHC 45 gelar kemah pemuda di Tanuhi

Syamsuri mengungkapkan napak tilas tersebut bertujuan untuk memperkenalkan pada generasi tentang perjuangan rakyat Kalimantan di bawah Komando Divisi IV ALRI.

Kemudian Kalimantan bisa bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ditandai Proklamasi Divisi IV ALRI pada 17 Mei 1949 di Desa Ni’ih Kecamatan Loksado, HSS.

Untuk rencana pelaksanaan napak tilas dilaksanakan pada 14 -17 Mei 2023 mendatang dan menjadi kegiatan besar untuk melestarikan dan pewarisan nilai Perjuangan 45.

Baca juga: Wabup HSS terima penghargaan dan medali Kejuangan 9 Windu Kemerdekaan RI

Danlanal Banjarmasin Laksamana Pertama TNI Deni Herman menyambut baik dan mendukung pelaksanaan Napak Tilas Divisi IV ALRI 2023 di Kabupaten HSS.

“Dosa besar jika saya tidak hadir pada Napak Tilas nantinya,” tutur Danlanal Banjarmasin.

Pada kesempatan itu, Danlanal Banjarmasin menyerahkan secara langsung kenang-kenangan miniatur Kapal Dewaruci kepada Ketua DHC 45 HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023