Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripno Sumas melaksanakan sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dengan menyasar bakal calon anggota legislatif atau "bacaleg" 2024 - 2029.

"Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila atau dulu dengan sebutan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) itu perlu bagi bacaleg atau simpelnya Caleg," ujar Suripno di sela-sela kegiatan tersebut di Banjarmasin, Ahad.

Pasalnya, lanjut Sekretaris Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel yang juga membidangi sosial politik itu, para Caleg tersebut berhadapan langsung dengan masyarakat pada suasana Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Anggota DPRD Kalsel dua periode itu mengatakan, dalam berhadapan dengan warga masyarakat yang cukup beragam, para Caleg tetap harus mengedepankan persatuan dan kesatuan yang merupakan bagian dari nilai-nilai Pancasila.

Oleh karenanya, para Caleg perlu pemantapan pemahaman dan penghayatan pengamalan Pancasila, tutur wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut.

Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila salah satu upaya menyegarkan kembali pemahaman dan penghayatan pengamalan Pancasila, lanjut alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang bergelar sarjana dan magister hukum itu.

"Kami Anggota DPRD Kalsel berkewajiban pula secara moril menyebarluaskan atau melakukan sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila sebagaimana amanat Undang Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2024," demikian Suripno Sumas.

Dalam sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila untuk lingkup wilayah Kota Banjarmasin tersebut, selain yang belum pernah menjadi anggota legislatif, juga hadir yang kini anggota DPRD dan mencalonkan diri kembali untuk Pemilu 2024.

Sebagai contoh orang yang pernah menjadi anggota DPRD Kalsel yaitu Yazidi Majedi serta masih sebagai anggota Dewan Kota Banjarmasin H Dedy Shopian, dan lainnya.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023