Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan mulai mengerjakan perbaikan jalan di Desa Mantimin, Kabupaten Balangan, yang rusak parah beberapa tahun terakhir.

“Insya Allah bulan Mei ini sudah mulai ada kegiatan pengerjaan pada ruas Lampihong-Mantimin dengan total anggaran Rp4,3 miliar,” kata Kepala Seksi Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan Wahid Ramadani kepada ANTARA, Jumat. 

Wahid sangat berharap dan mengajak kepada semuanya untuk bersama-sama menjaga jalan provinsi tersebut, khususnya angkutan yang over kapasitas, karena kelas jalan cuma kelas tiga untuk maksimal beban hanya tujuh ton.

Sebelumnya Wahid juga menjelaskan kerusakan jalan provinsi skala berat ada di beberapa ruas, seperti Jalan Martapura Lama, Jalan Halong-Paringin, Jalan Lampihong-Mantimin dan Paramasan.

Sementara untuk kerusakan jalan skala kecil, Wahid mengungkapkan, hanya terdapat pengelupasan aspal sehingga ditangani menggunakan anggaran rutin seperti biasanya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menganggarkan total dana sebesar Rp490 miliar untuk penanganan jalan dan jembatan selama periode 2023.

Seluruh ruas jalan di Provinsi Kalimantan Selatan yang mengalami kerusakan berat tersebut ditargetkan akan rampung pada 2023.

Selain itu, perbaikan jalan tidak hanya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalimantan Selatan, tetapi juga menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Infrastruktur sekitar Rp39 miliar.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023