Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tanah Laut, Kalimantan Selatan Hairul Rijal mengatakan, pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Tanah Laut  tahun 2023 menjadi momentum  tepat dalam merefleksikan sejarah manis karena daerah tersebut  pernah meraih prestasi pada ajang tingkat nasional.

"Pada 2020 lalu Tanah Laut mampu menyabet gelar juara kedua pemuda pelopor hingga tingkat nasional atas nama Muhammad Ghalih," ujar Hairul Rijal, di Pelaihari, Rabu (3/5).

Dia berharap, pada pemilihan kali ini, pihaknya bisa mencari perwakilan pemuda kualitas dan  mampu bersaing,  bahkan sampai juara pertama tingkat nasional.

"Sebagai masyarakat Tanah Laut  kita patut berbangga karena setiap kali ada kegiatan serupa, pemuda kita selalu meraih prestasi yang membanggakan," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, Pemilihan Pemuda Pelopor 2023  merupakan peluang besar mengenalkan Bumi Tuntung Pandang ke khalayak ruang lebih luas lagi. 

"Para pemuda kita selalu diperhitungkan oleh daerah lainnya termasuk kabupaten/kota se-Kalsel,” tambahnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah (Setda) Tanah Lauta juga mengingatkan, perjuangan para pemuda tidak hanya sekedar berkompetisi menjadi yang terbaik saja, melainkan juga diperlukan partisipasi dan peran serta para pemuda dalam berbagai sektor pembangunan di daerah tersebut.

“Harapannya, kegiatan ini bukan hanya sukses melaksanakan pemilihan saja, tetapi juga sukses dalam menyiapkan dan membina kader-kader masa depan,” tegasnya.

Diketahui, pada pemilihan kali ini diikuti 13 peserta dari lima bidang kategori kepeloporan diantaranya bidang pendidikan, bidang agama, sosial, dan budaya, bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan pariwisata, bidang pangan, serta bidang inovasi teknologi. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023