Penumpang yang melintasi terminal Tipe A Gambut Barakat di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan mencapai 5.527 orang pada H+6 Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau 2023 atau Jumat.
 
Menurut Kepala Terminal atau Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Gambut Barakat, Daniel Bernhard melalui petugas terminal Hj Mashudah di Kabupaten Banjar, Jumat, suasana arus balik mudik lebaran pada H+6 atau Jumat di terminal terpantau aman dan lancar.
 
Menurutnya, data yang pihaknya kumpulkan untuk kedatangan maupun keberangkatan penumpang pada H+6 ini berjumlah sebanyak 5.527 orang baik dari jurusan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan Antarkota dalam provinsi (AKDP).
 
Dia pun merinci untuk keberangkatan penumpang dari jurusan AKAP baik Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah sebanyak 469 orang yang diangkut sebanyak 20 armada bus.
 
Sedangkan untuk kedatangan, ungkap Mashudah, dari jurusan AKAP tersebut sebanyak 675 orang yang diangkut sebanyak 21 armada bus.
 
Selanjutnya, Mashudah melaporkan data penumpang untuk keberangkatan dari jurusan AKDP sebanyak 2.246 orang yang diangkut sebanyak 264 angkutan umum.
 
Sedangkan untuk kedatangan, ujarnya, sebanyak 2.137 orang yang diangkut sebanyak 246 angkutan umum.
 
Untuk jurusan AKDP di Kalsel menuju Banua Enam (Rantau, Kandang, Barabai, Amuntai, Tanjung dan Balangan) dan juga wilayah pesisir, yakni, Palaihari, Batulicin dan Kotabaru.
 
Jurusan AKDP ini juga terhitung dari BRT Banjarbakula, bus Trans Banjarbakula dan Bus Damri.
 
Sebagaimana disampaikan Kepala Terminal atau Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Gambut Barakat, Daniel Bernhard, bahwa arus mudik hingga balik di terminalnya pada Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini berjalan aman dan lancar.
 
"Hingga kini tidak ada kejadian menonjol, semua terkendali," ucapnya.
 
Dia pun menyampaikan, pelayanan arus mudik di posko terminal Gambut Barakat dilakukan semaksimal mungkin, termasuk disiapkan tim kesehatan dan keamanan dari aparat berwajib.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023