Penumpang kapal feri KMP Bamega dari Teluk Gosong Pulau Laut Timur menuju Pula Sebuku Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengalami lonjakan hingga 60 persen pada H+3 Idul Fitri 1444 H.

"Hari biasa kami mengangkut tak sampai 10 motor dan beberapa mobil," kata Kepala UPTD Aulia Rahman di Kotabaru, Senin.

Dia mengatakan, penjualan tiket menuju Pulau sebuku dari rata rata 20 hingga 30 buah motor kali ini terjual untuk sebanyak 90 motor dan beberapa mobil.

Pihak pengelola penyeberangan menjelaskan, kenaikan jumlah penumpang diakibatkan penumpang memanfaatkan lebaran untuk mengunjungi sanak famili di Pulau Sebuku.

Rute penyeberangan menuju Pulau Sebuku dilakukan sehari sekali jalan, dengan jadwal pagi jam 7.00 dari Teluk Gosong, sedangkan dari Pulau Sebuku pukul 15.00 Wita. Dengan tarif Rp44.000 sekali jalan untuk roda dua, dan roda empat sejenis Avanza Rp327.000.

"Kami berlayar hanya sekali dalam sehari melayani rute tersebut," ujarnya

Ia mengakui, mesti terjadi lonjakan penumpang  pihak pengelola tidak menambah jawal penyebrangan melayani dua kecamatan tersebut.

Salah satu penumpang dari Pelabuhan Teluk Gosong, Helmi mengaku melakukan penyeberangan untuk mengunjungi dan bersilaturahmi dengan sanak saudara di Pula Sebuku saat lebaran.

"Hari ketiga baru ada waktu untuk mengunjungi keluarga di Pulau Sebuku untuk berlebaran," kata Helmi.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023