Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina menyatakan, kotanya sudah menyiapkan antisipasi lonjakan arus mudik pasca pandemi COVID-19 untuk semua jalur mudik lebaran 1444 H tahun 2023.
 
"Kita ingin memastikan perjalanan mudik di tahun ini bisa berjalan dengan lancar, apalagi ini pasca pandemi tentu akan terjadi lonjakan luar biasa (besar) terkait arus mudik seperti yang diprediksi oleh Pak Presiden," ujarnya di Banjarmasin, Senin.
 
Wali Kota H Ibnu Sina mengapresiasi kesiapan personel gabungan, baik dari kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan dan lainnya dalam pengamanan kelancaran mudik lebaran tahun ini.
 
Menurutnya, dalam kesiapan Pasukan Operasi Ketupat Intan di Kota Banjarmasin terlihat sudah sangat matang untuk memastikan semua gelar mudik lebaran berjalan lancar di kota ini dan kota lainnya.
 
Karena, lanjut Ibnu Sina, telah disiapkan pos-pos keamanan maupun pelayanan yang tersebar di Kota Banjarmasin guna mengendalikan dan memantau arus mudik beberapa waktu ke depan. 
 
"Sebanyak 5 pos sudah kita tetapkan, pertama posko induk di samping Duta Mal, lalu di gerbang masuk perbatasan km 6, kemudian di utara pintu masuk arah Kalimantan Tengah, juga di pos pelabuhan, satu lagi di tengah kota (belakang) Masjid Sabilal Muhtadin," ungkapnya. 
 
Untuk itu, Ibnu Sina mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Kota Banjarmasin yang akan melaksanakan mudik ke luar kota maupun sebaliknya, agar dapat merencanakan perjalanan mudik dengan sebaik-baiknya. 
 
"Mudah-mudahan masyarakat dapat menjaga kenyamanan, keamanan serta kondusivitas bersama ketika perjalanan," ujarnya.
 
Sehingga, kata Ibnu Sina, semua bisa melaksanakan lebaran dengan baik, bertemu dengan sanak keluarga, kemudian dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala.
 
"Jika lelah, silahkan beristirahat di pos-pos yang telah disediakan jangan memaksakan situasi, juga sebelum meninggalkan rumah untuk waktu yang lama cek semuanya, pastikan sudah aman," demikian kata Ibnu Sina.
 
Di Kota Banjarmasin ada dua tumpuan arus mudik, yakni, di Terminal Kilometer 6 Banjarmasin dan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023