Tanjung,  (AntaranewsKalsel) - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan akan menambah empat unit angkutan kota (angkot) gratis di wilayah selatan.


Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabalong Nanang Mulkani di Tanjung, Senin, mengatakan penambahan armada angkot gratis itu khusus melayani kalangan pelajar, guru maupun masyarakat yang tinggal di wilayah selatan.

"Saat ini layanan angkutan kota gratis masih terbatas di wilayah perkotaan yakni Tanjung dan Murung Pudak, karena itu akan kita perluas di wilayah selatan," jelas Nanang.

Wilayah selatan mencakup Kecamatan Kelua, Banua Lawas, Pugaan dan Banua Lawas, berdekatan dengan kabupaten tetangga Hulu Sungai Utara (HSU).

Nanang menambahkan sebanyak 13 unit angkutan kota gratis sudah beroperasi di tiga trayek sekitar Kota Tanjung, Mabuun dan Murung Pudak.

Rute angkutan umum tersebut mencakup trayek 1 (Terminal Mabuun melintasi halte DPRD - Pasar Tanjung), trayek 2 (Terminal Mabuun - Tugu Obor - Pasar Tanjung) dan trayek 3 (Tanta - Pasar Kapar).

Pengadaan kendaraan angkutan gratis ini merupakan bentuk kerja sama Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan PT Adaro Indonesia beserta sub kontraktornya yakni PT Sapta Indera Sejati (SIS), PT Pamapersada Nusantara, PT Buma dan PT Rahman Abdijaya, sedangkan operasional kendaraan dibiayai melalui dana APBD kabupaten.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016