Atlet bela diri campuran Agus Setia Budi alias Si Dalas Hangit tidak mampu mengalahkan Si Becak Lawu Suwardi sehingga gagal membawa pulang sabuk juara nasional "Mix Martial Art" (MMA) Indonesia ke Kalimantan Selatan. 

Ketua Umum Komite Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI) Anindra Ardiansyah Bakrie mengungkapkan kekaguman atas tampilan hebat dari pertarungan kedua atlet yang berlangsung sampai lima ronde itu.

"Kalau saya tidak salah baca data itu adalah suplex terbanyak pada suatu pertandingan dan percobaan kimura terbanyak pada suatu pertandingan, dua duanya sangat kuat," ujar Ardiansyah usai laga hebat itu yang berlangsung di Jakarta tersebut, Sabtu malam.

Baca juga: Agus minta doa warga Kalsel untuk rebut sabuk juara MMA Indonesia

Pada ronde kedua, terhitung Agus melakukan suplex sebanyak lima kali berturut-turut. Selanjutnya, pada ronde keempat setelah melakukan serangan kejutan di detik awal, Agus kembali melancarkan suplex berkelas menghempaskan Suwardi. 

Namun, sayang keinginan Agus yang malam ini tampil cukup sangar harus tunduk kepada Suwardi yang dinilai juri menang poin dalam lima ronde itu.

"Pasti ini pertarungan yang melelahkan," kata Ardiansyah.

Sebelum bertanding kepada media ini Agus mengungkapkan Suwardi atlet kelahiran 25 Desember 1984 ini adalah petarung yang luar biasa. Kata dia, Si Ahli Kuncian ini banyak menginspirasi atlet MMA di Indonesia 

Baca juga: Agus "Dalas Hangit" optimistis rebut sabuk juara MMA dari Suwardi

"Karena itulah membuat saya sangat bersemangat di pertandingan ini, bersemangat untuk merebut sabuk juara MMA untuk di bawa pulang ke Banua (Kalimantan Selatan)," ujar lelaki kelahiran 17 Agustus 1994 ini. 

Berikut sedikit tentang Suwardi :

1. Karier
- Pesilat di Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Magetan
- Atlet Brazilian Jiu-jitsu Jakarta
- Atlet Synergy Asta Bogor
- Atlet Boxing muaythai

2. Prestasi
- Juara 1 Synergy International Championship, Jakarta (2007)
- Juara 1 Indonesian Submision Challenge Bandung (2014)
- Juara 1 Indonesian Submision Championship Jakarta (2014)
- Juara 2 Indonesian Submision Championship Jakarta (2015)
- Juara 1 One Pride MMA Kelas Terbang (2016)

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023