Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Dokter hewan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, meraih prestasi sepuluh besar dalam lomba Medik Veteriner tingkat Provinsi.

Salah satu dokter hewan yang meraih peringkat sepuluh besar pada ajang lomba Medik Veteriner, drh Budi Pahalawan, di Batulicin, Kamis mengatakan, masalah yang dinilai dalam lomba tersebut yakni, bagaimana cara memberikan pelayanan kesehatan terhadap hewan.

"Sitem layanan kesehatan hewan tersebut dinilai oleh petugas atau tim penilai dari Kementerian Pertanian dan Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan," katanya

Ia mengatakan, indikator sistem layanan kesehatan hewan yang dinilai yakni menyangkut biodata pribadi dokter hewan bersangkutan, jumlah pelayananya kepada masyarakat baik itu yang berupa kunjungan rutin kelompok, penyuluhan, penanganan penyakit hewan.

Selain itu juga dilakukan penilaian keikutsertaan dokter hewan dalam acara seminar atau workshop, pemetaan datanya mengenai penyebaran penyakit, laporan jenis penyakit, dan laporan pola pelayanan.

Yang lebih penting penilaian dalam lomba medik vateriner yaitu sarana dan prasarana seperti bangunan Puskeswan, jumlah peralatan atau perlengkapan kantor Puskeswan, sarana transportasi dan komunikasi, obat-obatan dan vaksin, pakaian kerja, perlatan dan bahan laboratorium, peralatan rewproduksi dan kebidanan.

Selanjutnya setelah meraih prestasi tingkat provinsi, akan mengikuti perlombaan selanjutnya tingkat nasional.

Persiapan yang dilakukan terkait rencana penilaian tersebut saat ini sudah memasuki tahap pembersihan lokasi. Penilaian akan berlangsung di lokasi Puskeswan Sungai Loban, tepatnya di kawasan Jalan Raya Provinsi Desa Sari Mulya.

"Kami mengharapkan dengan persiapan yang sudah dilakukan dan perlengkapan layanan kesehatan hewan yang sudah dimiliki Kabupaten Tanah Bumbu dapat meraih juara nasional pada saat penilaian nanti," paparnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016