Sebanyak enam finalis bersaing dalam Grand Final Pemilihan Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) tingkat Kabupaten HSS tahun 2023.

Ketua Umum Pepelingasih, Muhammad Iqbal, di Kandangan, mengatakan seleksi ini telah melalui proses penilaian panjang dari pendaftaran pada tanggal 3 sampai dengan 20 Februari 2023.

"Kemudian kita juga memberikan pembekalan kepada mereka pada tanggal 23 Februari 2023," katanya, dalam laporan kegiatan, di Kandangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (10/3).

Dijelaskan dia, tahapannya sudah memasuki TOP 6 Finalis yang berhak maju ke babak Grand Final, dan satu Duta Favorit berdasarkan voting like terbanyak di Instagram.


Baca juga: 187 peserta ikuti seleksi Paskibraka Kabupaten HSS tahun 2023

Grand Final merupakan rangkaian akhir, di mana peserta akan memperebutkan juara 1, 2, 3, 4, 5, 6. Terbaik 1, 2, dan 3 akan menjadi perwakilan menuju babak seleksi provinsi, yang dijadwalkan tanggal 17 hingga 20 Maret 2023 mendatang.

Kepala Disporapar HSS, Efran, mengatakan Pepelingasih akan menjadi gambaran sejauh mana pemuda di HSS berkiprah untuk kemajuan negeri ini, serta menjaga dan melindungi negeri ini.

"Kita akan buat forum diskusi grup untuk bisa membesarkan Pepelingasih ke depannya. Selain itu, juga bersinergi dengan Duta Lingkungan yang ada di Dispera KPLH, sebagaimana yang dimintakan oleh Pak Bupati HSS," katanya.

Menurut dia, Ini harus dibesarkan bersama Dispera KPLH, Duta Lingkungannya, Disporapar, dan pemuda, karena memang pemuda adalah motor penggeraknya.

Baca juga: Kaustar dan Maulidiya jadi Duta Pariwisata HSS

Selain itu, Pepelingasih merupakan program yang sangat dibutuhkan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten, untuk melindungi dan menjaga serta mewariskan nilai-nilai kepada anak cucu kelak.

Setelah melewati proses seleksi dan sidang keputusan, diputuskan pemenang Duta Pepelingasih Kabupaten HSS 2023, yakni Juara 1 Ahmad Jaini, Juara 2  Refqa, Juara 3 Ratu Julaikha.

Kemudian, Juara 4 Rusdiana, Juara 5 Helna, Juara 6 Muhammad Saman dan terpilih berdasarkan voting like terbanyak Juara Favorit Sabrina Kaisya Putri.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023