Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan, Sayed Jafar meneken perjanjian kerja sama ( PKS ) dengan Universitas Dr. Soetomo Surabaya sebagai bentuk keseriusan meningkatkan sumberdaya manusia (SDM)  bagi warga "Bumi Saijaan”.di Gedung Aula Sumantri, Komp. Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur.

"Kerjasama ini tentu untuk lebih meningkatkan pengembangan sumber daya manusia Kotabaru di berbagai di bidang, di antaranya pendidikan, kesehatan, agrobisnis, pertanian dan lainnya," Kata Sayed Jafar di Kotabaru,dilaporkan Sabtu.

Menurut Sayed, peningkatan sumberdaya manusia penting dilakukan guna menyongsong IKN karena Kotabaru merupakan salah satu penyangga ibu kota negara. serta untuk memenuhi kebutuhan dan manfaat bagi kedua belah pihak yang bertujuan meningkatkan hubungan dalam mengembangkan kompetensi SDM di Kabupaten Kotabaru.

Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing juga kemandirian pembangunan di Kotabaru.

"Dalam kaitan ini terdapat beberapa hal yang harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan kualitas SDM, pertama adalah sistem pendidikan yang baik dan bermutu," katanya

Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

Peningkatan kapasitas SDM melalui berbagai diklat, kompetensi, pembinaan dan lain-lain. Tenaga kerja profesional dan terampil sesuai tuntutan/kebutuhan pasar merupakan faktor keunggulan dalam menghadapi persaingan global.

Sayed juga menjelaskan ini merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya yang berlangsung di Kotabaru beberapa waktu lalu, ketika itu dibahas oleh tim kerjasama daerah Kotabaru bersama dengan Biro Kerjasama dan Biro Hukum Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Kemudian, Sayed Jafar mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan. Ia juga berharap kerjasama ini tambah mempererat tali silaruhami yang terjalin selama ini serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan  masyarakat Kotabaru.

Sementara itu,Rektor Universitas Dr. Soertomo Surabaya Siti Marwiyah mengucapkan selamat datang kepada Bupati Kotabaru beserta rombongan di Surabaya.

"Selamat datang pa bupati beserta rombongan di Universitas kami" Ucap Siti marwiyah

Ia mengatakan, kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya pihaknya mengunjungi dan melihat secara langsung keadaan di Kabupaten Kotabaru

Mengingat, Kotabaru salah satu penyangga IKN, maka perlu adanya kerja sama dengan Universitas Dr. Soetomo untuk ikut andil menyukseskan ibu kota yang baru dengan meningkatkan sumber daya manusia di Kotabaru Khususnya.

"Semoga kerjasama ini terus berlanjut, dan nanti kita dengarkan bersama, apa saja keluhan dari pemerintah daerah dari pihak kami bisa ikut andil khususnya dalam visi misi Bupati Kotabaru" harap Siti Marwiyah

Acara dilanjutkan dengan diskusi tentang apa saja yang tertuang dalam kerja sama bersama jajaran universitas Dr.Soetomo dengan seluruh SKPD yang hadir.
 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023