Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu provinsi setempat mengecek persiapan dan kesiapan Panwaslu Kecamatan menghadapi Pemilu Tahun 2024.

Pada kesempatan monitoring persiapan dan kesiapan Panwaslu menghadapi Pemilu 2024 kali ini rombongan Komisi I mendatangi Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), dan Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Sebagaimana terjadwal kunjungan rombongan Komisi I ke kedua kecamatan dan kabupaten berbeda atau bertetangga tersebut 9 - 11 Maret 2023, ujar Kepala Subbag Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel Dedy Noriadi melalui telepon seluler, malam Sabtu.

Ketika kunjungan rombongan Komisi I ke Kecamatan LAU (sekitar 157 km dari Banjarmasin) dan Amuntai Selatan (sekitar 185 km utara Banjarmasin), mereka (Panwaslu) mengeluhkan masalah transportasi.

"Panwaslu LAU dan Amuntai Selatan (Amsel) mengharapkan bantuan alat transportasi air, karena sebagian kawasan mereka merupakan daerah perairan," kutip Juru Bicara (Jubir) Setwan Kalsel tersebut.

Sebagaimana penuturan Ketua Panwaslu LAU Bobby Heryadi untuk Desa Sungai Buluh harus dengan menggunakan transportasi air.

"Sebagai contoh di Awang Landas tidak bisa dilalui lewat darat, harus kelotok (sampan bermotor kecil), dan kalau dengan biaya Rp100.000 sekali jalan,” tutur Bobby.

Rombongan Komisi I DPRD Kalsel saat kunjungan ke Panwaslu Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara , 9 Maret 2023. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi I, H. Sahrujani, memastikan bahwa Bawaslu Provinsi akan menangani permasalahan itu.

Namun dari diskusi, Sahrujani berkesimpulan, pada prinsipnya Panwaslu Kecamatan LAU dan Amsel siap menghadapi Pemilu pada Februari 2024.

Sedangkan kendala, seperti masalah transportasi, menurut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V HSU,.Balangan dan Kabupaten Tabalong itu,. Bawaslu provinsi akan segera menindaklanjuti, kata Sahrujani.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023