Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir pantai atau rob yang berpotensi di perairan Kalimantan Selatan berlaku pada 6-14 Maret 2023.

"Hal tersebut diakibatkan karena fenomena fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir wilayah Kalimantan Selatan," kata Kepala Sub Bidang Kedaruratan Bencana pada BPBD Tanah Bumbu Mukhtar Halim, di Batulicin Ahad.

Pasang maksimum berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Kotabaru pada 6-10 Maret 2023 sekitar pukul 18.00-20.00 Wita dengan ketinggian maksimum mencapai 2,5 meter.

Sedangkan pada 11-14 Maret 2023 sekitar pukul 11.00-14.00 Wita dengan ketinggian maksimum mencapai 2,7 meter. Wilayah yang berpotensi terdampak pesisir perairan Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Hal ini berdampak pada terganggunya aktifitas keseharian masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktifitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat

Dia menghimbau, masyarakat pesisir pantai agar selalu waspada untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut dan fenomena banjir rob.

"Berdasarkan laporan BMKG Kalsel, peringatan dini cuaca di Kalimantan Selatan pada 5 Maret 2023 sekitar pukul 18.00 Wita berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 18.30 Wita di Kabupaten Kotabaru Pulausebuku," katanya.

Juga berpotensi di Kabupaten Barito Kuala Alalak, Mandastana, Belawang, Kabupaten Tapin Tapin Selatan, Tapin Tengah, Tapin Utara, Candi Laras Selatan, Candi Laras Utara, Bakarangan, Bungur, Kabupaten Tanah Bumbu Batulicin, Kusan Hilir, Kusan Hulu,  dan sekitarnya.

Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten Barito Kuala Rantau Badauh, Cerbon, Bakumpai, Kuripan, Tabukan, Marabahan, Jejangkit. Kabupaten Tapin Piani, Lokpaikat. Kabupaten Hulu Sungai Selatan Sungai Raya, Padang Batung, Simpur, Daha Selatan, Kalumpang, Daha Barat, Kabupaten Tanah Bumbu Simpang Empat, Karang Bintang,  dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 20.00 Wita.

"Meskipun berada di wilayah bukan langganan banjir rob setiap orang harus tetap waspada dengan kemungkinan terjadi bencana," ujarnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023