Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar diwaspadai sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir, terutama pada Jumat  di malam hari.
 
Situs BMKG menyebutkan prakiraan potensi hujan lebat tersebut dapat terjadi di wilayah Kabupaten Banjar, Barito Kuala (Batola), Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Tabalong, dan Balangan.

Begitupun masih berpotensi terjadi pada diniharinya di wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, Tapin, HSS, HST, HSU Tanah Laut =(Tala) dan sekitarnya.

Baca juga: Waspadai potensi hujan lebat di Kalsel hari ini

Disebutkan dampak hujan lebat tersebut dapat mengakibatkan jembatan yang rendah tidak bisa dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Selain itu, karena volume aliran sungai meningkat bisa mengakibatkan banjir, aliran air berbahaya dan akan mengganggu aktifitas masyarakat dalam skala menengah.

BMKG memetakan wilayah untuk prakiraan cuaca hari ini dengan wilayah dengan status “Siaga” di Kabupaten Banjar dan Kota Banjar Baru.

Baca juga: Delapan wilayah di Kalsel berpotensi hujan lebat pada Rabu

Sementara itu, status “Waspada” untuk Kabupaten Batola, Tala, HST, Tanah Bumbu, Balangan, Kota Banjarmasin, HSS, Tapin dan Tabalong.

 BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terhadap perahu, nelayan, kapal tongkang, kapal feri dan kapal berukuran besar lainnya mengenai potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai 3 meter di sekitar wilayah perairan selatan Kalimantan (Laut Jawa).

Berikut link prakiraan cuaca dari situs BMKG: di sini

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023