Balangan - (Antaranews Kalsel) - Hampir setiap pekan terjadi kecelakaan lalu lintas truk terbaik dan trailer amblas di ruas jalan nasional di Kabupaten Balangan, akibat jalan rusak.

Bupati Balangan H Ansharuddin di Balangan, Minggu (8/5) usai meninjau kondisi jalan rusak yang sering mengakibatkan kecelakaan tunggal seperti, jatuh dari kendaraan, truk terbalik dan triler amblas bahkan hampir setiap minggu, mengatakan, rusaknya jalan ini terjadi sejak maraknya lalu lalang truk dan triler angkutan batu bara dan semen dari wilayah Banjar menuju Tabalong dan sebaliknya.

"Angkutan batu dan batu bara dari wilayah Banjar menuju Tabalong, dan dari Tabalong mereka mengangkut muatan semen menuju Banjarmasin, dan itu terjadi setiap hari," ungkapnya.

Meskipun hal tersebut sudah pernah disampaikan kepada Gubernur Kalsel H Syahbirin, namun hingga kini belum ada jawaban dan penanggulangan.

Bahkan rusaknya ruas jalan nasional di Balangan, akibat lalu lalang truck dan triler pengangkut batu dan semen kini ditanggapi beragam oleh warga setempat, baik melalui media sosial hingga coretan rambu jalan.

Selain sempat menanami pohon pisang di ruas jalan nasional, bahkan rambu-rambu peringatan agar berhati-hati karena jalan rusak di corat-coret warga sebagai aksi protes ungkapan protes terhadap kerusakan jalan yang semakin hari semakin parah.

Pada rambu-rambu peringatan di jalan A Yani Km 1 disekitar kantor KONI Balangan, seharusnya bertuliskan "hati-hati !!! jalan rusak" kini diberi tulisan tambahan warga "colek pemerintah hati-hati!!! jakanya dibaiki jalan rusak jangan dilihat kan".

Dan dalam Bahasa Indonesia berarti "kepada pemerintah hati-hati!!! sebaiknya diperbaiki jalan rusak jangan dibiarkan.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum M Irwan Lafoni ketika itu dikonfirmasi mengatakan, pihaknya juga sudah melaporkan secara resmi kondisi ruas jalan negara yang rusak parah ke Balai Besar Jalan sejak bulan Februari 2016, namun hingga kini belum mendapat tanggapan bahkan jawaban.

"Kita serahkan laporan kerusakan jalan, lengkap bersama data dan berkas jumlah kecelakaan akibat rusaknya ruas jalan tersebut dari Satlantas Polres Balangan, namun belum ada tanggapan," sampainya.

Rusaknya ruas jalan di Balangan meliputi wilayah Kecamatan Paringin, Paringin Selatan dan Batumandi, yang merupakan wilayah lintas antar provinsi. lobang jalan bahkan bertambah setiap minggunya, dengan kerusakan dan kedalaman yang cukup parah.

Jumlah tonase triler angkutan tersebut menurut salah satu sopir angkutan yang sempat amblas di jalan nasional di Balangan, berkisar antara 80 - 85 ton./c

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016