Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Karang Bintang Polres Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan patroli secara rutin di beberapa titik yang dinilai rawan dan berpotensi terhadap terjadinya tindakan kriminal.

"Kali ini kami melakukan patroli di Kantor Bank dan anjungan tunia mandiri (ATM) di seluruh Kecamatan Karang Bintang secara rutin dan berkala untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat dan nasabah bank," kata salah satu anggota Polsek Karang Bintang Aipda Aris Tri Jatmiko, di Batulicin Senin.

Tempat ini dinilai sangat rawat terjadinya tindakan kriminal, sehingga perlu pengawasan secara khusus sebagai langkah preventif.

Dia mengatakan, pada kesempatan tersebut Aris juga memberikan himbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) kepada Security Bank agar selalu meningkatkan kewaspadaan dalam menjalankan tugas keamanan serta peduli dalam melayani nasabah.

Apabila di lokasi tersebut terjadi hal-hal yang mencurigakan, agar segera melakukan koordinasi kepada pihak kepolisian terdekat.

"Patroli siang dan malam menjadi kegiatan rutinitas para anggota Polsek Katang Bintang untuk memastikan di wilayah tersebut benar-benar aman dari tindakan kriminal," ujar Aris.

Menurut dia, tindakan kriminalitas dapat di cegah dengan menegakkan sangsi hukum yang tegas dan tanpa pandang bulu. Mengaktifkan peran orang tua dan lembaga pendidikan dalam mendidik anak.

Selektif terhadap budaya asing yang masuk agar tidak merusak nilai budaya bangsa. Menjaga kelestarian dan kelangsungan nilai dan norma dalam masyarakat.

"Sejauh ini kondisi di Kacamatan Karang Bintang relatif aman dari tindakan kriminal, kami berharap semua lapisan masyarakat saling bersinergi untuk dapat menjaga kamtibmas di lingkungannya masing-masing," pinta Aris.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023