Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan membuka layanan pembuatan paspor simpatik khusus calon Jamaah haji pada akhir pekan yaitu hari Sabtu sesuai permintaan Kantor Kementerian Agama. 

"Layanan paspor simpatik ini kami buka untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada calon jemaah haji dalam melengkapi persyaratan mereka saat ingin melaksanakan ibadah haji," kata Kepala UKK Imigrasi Kabupaten Balangan Simuel Xaris Kaledara di Paringin, Sabtu. 

Simuel menuturkan, layanan paspor simpatik khusus haji ini adalah layanan paspor yang dilakukan pada akhir pekan yaitu Sabtu dengan kuota paspor sesuai permintaan dari Kementerian Agama Kabupaten. 

Menurut Simuel, layanan paspor simpatik ini juga sangat diapresiasi calon haji karena sangat memudahkan masyarakat untuk mengurus paspor pada akhir pekan. 

"Layanan ini tentunya mendapat antusiasme tinggi dari calon haji, karena kalau hari biasa kita tidak tahu seberapa banyak pengunjung yang datang. Kasihan mereka mengantre apalagi para calon haji ini kebanyakannya lansia," tuturnya. 

Sementara perwakilan Kantor Kemenag Kabupaten Tabalong Junaidi, saat mengurus jemaah calon haji asal Tabalong mengapresiasi Layanan Paspor Simpatik Khusus Haji ini yang dilaksanakan UKK Imigrasi Kabupaten Balangan karena sangat mempermudah pihaknya dalam mengurus administrasi para calon haji. 

Junaidi menyebutkan, pihaknya sendiri dalam mengurus administrasi para calon haji tidak perlu jauh-jauh lagi ke Banjarmasin atau sekitarnya cukup di Kabupaten Balangan saja yang sangat dekat dengan kotanya. 

"Kami hari ini mengurus sebanyak 128 calon haji untuk membikin paspor dengan rincian permohonan paspor baru 96 orang, penggantian paspor 30 orang dan penambahan nama dua orang. Tidak perlu jauh-jauh lagi ke Banjarmasin untuk mengurus administrasi para calon haji ini, karena sudah sangat dekat di Balangan," sebut Junaidi.

 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023