SMPN 4 Batumandi Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan membentuk karakter siswa melalui program keagamaan yaitu membiasakan membaca Al-Qur'an usai shalat zuhur berjemaah di sekolah.

"Alhamdulillah program ini sangat didukung oleh kepala sekolah beserta dewan guru lainnya, dan para siswa pun sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut," kata guru Pendidikan Agama Islam SMPN 4 Batumandi, Tailah di Paringin, Jum'at.

Tailah menuturkan, melalui kegiatan ini siswa mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid dan memperlancar dalam membaca Al-Qur'an.

Hal ini sebut Tailah, dilakukan karena sebagian dari para siswa masih ada yang malu bahkan takut untuk membaca kalam Allah di depan para teman-temannya di sekolah.

Sementara salah satu siswa, Rizki menilai bahwa kegiatan ini sangat positif untuk dilaksanakan setiap harinya usai shalat zuhur berjemaah di sekolahnya. Ia mengakui bahwa sebagian dari mereka masih ada yang kurang lancar dan malu-malu membaca Al-Qur'an di depan teman-temannya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMPN 4 Batumandi Handera Wartinah mengungkapkan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan suatu pelayanan sekaligus penanaman karakter siswa, sebab kegiatan itu sangat bermanfaat bagi dirinya sendiri selama ia berada di dunia maupun di akhirat.

"Kegiatan ini merupakan program yang dilaksanakan di sekolah yang merujuk pada visi sekolah yaitu mewujudkan peserta didik yang cerdas, religius serta mempunyai wawasan yang luas dengan berlandaskan pancasila dan ahlussunnah wal jemaah," ungkap Handera.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023