Kandangan (Antaranews Kalsel) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, difokuskan untuk mempercepat pembangunan desa di daerah terpencil.

Komandan Kodim 1003 Kandangan sekaligus Dansatgas TMMD Letkol Infanteri Rudi Namsyah di Kandangan, Selasa, mengatakan, program ini merupakan salah satu bentuk operasi bakti wujud kepedulian TNI AD, terhadap kesejahteraan masyarakat dan membantu pemerintah daerah.

Selain itu, tambah dia, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menumbukembangkan minat masyarakat, untuk membangun daerahnya dan meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

"Untuk program TMMD kali ini, kita mengerahkan kekuatan personel satgas TMMD sebanyak 150 0rang terdiri dari TNI 123 orang, Polri 2 orang dan instansi lainnya 25 orang," katanya.

Adapun pelaksanakan TMMD ke-96 tahun 2016 pada 3 Mei 2016 berlokasi di desa Halunuk Kecamatan Loksado Kabupaten HSS dengan sasaran fisik rehabilitasi jalan yang menghubungkan desa Halunuk dan kampung Ayan dengan panjang 2.021 Meter dan lebar 4 Meter.

Sedangkan, untuk fisik prioritas dua, yang merupakan sasaran tambahan yaitu rehabilitasi Musala Al Hikmah di desa Halunuk, rehabilitasi Musala Darul Iman di Kampung Ayang.

"Selain itu, kita juga melakukan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan kesehatan, KB, penyuluhan pertanian, perkebunan dan kehutanan serta bidang hukum berupa penyuluhan bahaya Narkoba dan lalu lintas," katnaya.

Kegiatan ini mengambil tema "Dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerja sama Lintas Sektoral dan Lintas Komponen Bangsa Kita Wujudkan Percepatan Desa Membangun Indonesia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat".

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono dibacakan Bupati HSS H Achmad Fikry menyampaikan pembukaan TMMD ke-96 yang dilaksanakan juga diikuti secara serentak oleh 5 wilayah kabupaten/kota di wilayah KODAM VI/Mulawarman.

Dijelaskannya program TNI Manunggal membangun desa adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, juga untuk memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Program TMMD selama ini telah banyak membantu tugas pemerintah di daerah dalam rangka meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat utamanya masyarakat di pedesaan", katanya..

Pada kesempatan tersebut, Bupati didaulat untuk menjadi Pembina pada Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa TMMD ke-96 tahun 2016 Kodim 1003/Kandangan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

Turut hadir pada acara tersebut, KASREM 101/Antasari Letkol Infanteri Waston Purba, Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, Forkomimda HSS, Kepala SKPD, Jajaran TNI Kodim, Forkomimda Kecamatan, dan Kepala Desa.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016