Anggota TNI - Polri di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan mengedukasi pelajar tentang wawasan kebangsaan ke sejumlah sekolah, sebagai upaya menanam, menumbuhkan hingga menguatkan jiwa nasionalisme pelajar. 

Dandim 1010 Tapin Letkol ARH Priyoni Palembangan mengatakan, giat waktu lalu yang jadi target mereka adalah kalangan remaja atau pelajar setingkat SMP. 

"Mulai dari nilai-nilai Pancasila, bela negara hingga pandangan tentang dampak buruk dari kenakalan remaja disampaikan oleh anggota," ujarnya di Rantau kepada ANTARA, Selasa. 

Hasil yang ingin dicapai, kata dia, utamanya adalah agar terbentuk generasi emas yang memiliki kepedulian tinggi terhadap bangsa dan negara. 

"Kegiatan ini kita harapkan dapat meningkatkan kedisiplinan serta rasa nasionalisme, bela negara dan cinta tanah air dari generasi muda penerus ini," ujarnya

Pelopor tugas ini adalah anggota di tingkat kecamatan yaitu Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Mereka, kata dia, menyasar sejumlah sekolah di wilayah tugas masing-masing. 

Terkait sinergi itu, ujarnya, merupakan hal yang luar biasa dibangun anggota di tingkat kecamatan. Kesatuan ini, dia  diharapkan bisa menjadi contoh untuk anggota di daerah lain saat bertugas mengabdikan diri. 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023