Jack Kelimpunai (51 tahun) yang selama ini dikenal sebagai Kepala Bidang Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan ternyata berkeinginan menyelamatkan aneka jenis anggrek Meratus.

Keinginan tersebut terlontar dalam perbincangan dengan penulis di Banjarmasin, Selasa, seraya menyebutkan keinginan itu sudah pula dilontarkan ke Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kalimantan Selatan, setiap ada pertemuan.

Jack Kelimpunay yang bernama asli Ahmad Marzuki kelahiran 17 Juli 1972 di Desa Sungai Turak, Kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalsel itu memang sekarang di DPD PAI Kalsel duduk sebagai Ketua II, sebelumnya Sekretaris DPD PAI.

Dalam kepengurusan di PAI Kalsel,nama Jack Kelimpunai sudah tak asing karena bergelut di dunia tanaman anggrek sudah sejak tahun 2006 lalu, bahkan ia dikenal sebagai kolektor sekaligus

Pada tahun 2010 terbentuk PAI provinsi Kalimantan Selatan yang diketui oleh Ibu Hj Aida Muslimah selama 10 tahun di kepenguran ibu Aida,ia menjadi sekretaris dan ikut berkecimpung melakukan berbagai kegiatan baik itu pengenalan anggrek melalui kegiatan Meratus Orchid Show (MOS) sebanyak sembilan kali.

Selain itu mengikuti beberapa event lomba pameran mulai dari luar provinsi (surabaya, Malang, Batu, jogja, jakarta, Batam, makasar) dan sampai luar negeri (sanya china, kucing serawak.
 
Salah satu jenis anggrek Meratus (Antara/Hasan Z)

Sebgai seorang kolektor dan pelestari anggrek ia memiliki sedikitnya 50 jenis dengan jumlah plants 450 an seperti species seperti dendrobium, phalaenopsis, bulbhopylum, pharapalaenopsis, cattlya, oncidum, baik itu species meratus maupun species dari luar (jawa,sumatra,papua, ambon, kalteng, kaltim,kaltara, kalbar).

Serta memiliki beberapa mengoleksi jenis  hibrid  dengan jenis yang beragam dengan jumlah 350 an.

Tentang pemeliharaan anggrek sendiri, lelaki warga Kelayan Dalam Banjarmasin ini menyebutkan susah dan tidak adalah tergantung bagaimana menyenangi atau suka.

Karena hobi adalah tolak ukurnya suka namun suka didahului juga dengan syarat tahu atau mengenal setelah mengenal mau memelihara dan merawat selanjutnya timbullah kecintaan. 

mengenai cara memelihara tidak sulit seperti yang di bayangkan, pelihara sesuai dengan karakteristik jenis tanaman itu sendiri, baik penempatan di media apa, iklim yg bagaimana, perlakuan penyiraman, pemupukan, pencegahan hama, dan pengobatannya yang kesemuanya sudah banyak informasi beredar yang  bisa dapatkan di media sosial dan media lain. 

Koleksi favorit YANG sekarang ini ia miliki adalah species lokal Meratus dengan bunga yang kecil  ini sangat eksotis bunganya disamping harum juga punya ciri khas tersendiri. misalnya jenis bulbhopyllum meratus
jenis phalaenopsis bunga kecil, Demikian Jack Kelimpunay. 
 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023