Aneka sayuran unik dan khas yang berasal dari hutan Kalimantan, dijual oleh kalangan pedagang di pasaran Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, salah satunya adalah sayuran Kembang Tigarun.

Hasil pemantauan di pasar lama Kota Banjarmasin, Kamis pagi terlihat ada sayuran yang hanya berupa bunga, yang oleh pedagang disebut sebagai kembang tigarun.

Acil Minah (46 tahun) asal Lok Baintan, Kabupaten Banjar, salah satu pedagang sayuran menyebutkan kembang tigarun adalah sayuran musiman, yang diambil dari sebuah pohon yang buahnya tak bisa dimakan sementara kembangnya banyak dicari orang karena enak dibuat sayuran.

Kembang tigarun oleh sebagian besar warga Banjarmasin dibuat sayuran ada yang dimakan mentah begitu saja sebagai lauk ada pula yang suka setelah kembang tersebut dipermentasi.

Kembang tigarun mentah rasanya khas dan sedikit sepet, tetapi oleh sebagian orang rasa sepet itulah yang dinilai enak dikala dimakan bersama nasi, kata Acil Minah.

Sedangkan yang dipermentasi itu rasanya khas dan agat asam atau kecut, tetapi asam itu yang menimbulkan selera makan. Apalagi kembang tigarun permentasi ini ada airnya yang warnanya agak kemerahan dan air itu oleh sebagian orang dibuat kuah saat makan nasi.
Kembang tigarun permentasi (Antara/Hasan Z)

Apalagi jika kuah kembang tigarun permentasi dicampur dengan udang rebus rasa kuahnya tambah enak, kata seorang pembeli seraya membeli beberapa tangkai kembang tigarun di pasar di tepian Sungai Martapura di wilayah  berjuluk kota seribu sungai tersebut.

Sayur kembang tigarus taksebatas disukai rakyat kecil sekarang sudah digandrungi pula oleh kalangan yang dinilai orang berada, makanya sekarang banyak rumah makan khas Banjar menyediakan menu kembang tigarun permentasi.

"Jika makan nasi lauk papuyu baubar (bakar) sambal dengan campuran buah binjai, lalu sayurnya kembang tigarun wah enak sekali dan maknyus,"kata pembeli tersebut.

Pohon tigarun adalah salah satu tanaman endemik Kalimantan yang suka tumbuh di wilayah lahan berawa rawa, dan banyak tumbuh di persawahan, pinggiran sungai atau danau. 

Tanaman ini relatih tahan dihantam musim ekstrim, sebagai contoh saat banjir besar yang melanda Banjarmasin dan sekitarnya Januari dua tahun lalu banyak pohon khususnya buah buahan yang mati, tetapi pohon tigarun mampu bertahan hingga sekarang.   

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023