Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wakil Banjarbaru Aulia Gusrina Zuz berhasil menyabet gelar sebagai Duta Lingkungan Hidup Kalsel 2016 setelah menyisihkan 20 finalis dari 10 kabupaten dan kota.


"Saya kaget di tetapkan sebagai Duta LH 2016 mengingat semua finalis sangat bagus," kata Aulia usai menerima penganugerahan gelar untuknya.

Grand final pemilihan Duta Lingkunga Hidup Kalsel 2016 yang didukung Bank Kalsel ini di gelar Badan Lingkungan Hidup Darah Kalsel di Ballroom Hotel GSign Banjarmasin, Rabu (27/4).

"Para pemenang akan mewakili Kalsel ke ajang pemilihan Duta LH Eco Region Kalimantan nanti, selain mendapatkan pembekalan pengetahuan tentang lingkungan hidup mereka juga menjadi agen perubahan yang mensosialisasikannya kepada masyarakat, kata Kepala BLHD Kalsel Ikhlas.

Duta LH Kalsel 2016 yang terpilih bersama tiga pemenang lainnya akan mewakili provinsi ini ke ajang pemilihan Duta Lingkungan Hidup Eco Region Kalimantan yang akan di gelar di Banjarmasin pada Juni mendatang.

"Para peserta menjadi agen informassi dan generasi pionner dalam pelestarian lingkungan," kata Asisten Gubernur bidang Pemeruintahan Haris Makkie mengutif sambutan gubernur Sahbirin Noor yang dibacakannya.

Dengan berlatar belakang seorang mahasiswa akhir jurusan Tehnik Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat, Aulia di nilai pantas menyandang gelar tersebut.

"Untuk menghadapi ajang regional Kalimantan nanti saya akan memperdalam aplikasi lingkungan yang telah dilakukan dalam tugas kuliah dan melanjutkannya ke skala lebih besar," kata Mahasiswi yang sedang menyelesaikan skripsi kuliahnya ini.

Beberapa aplikasi lingkungan yang telah dilakukannya seperti membuat lubang resapan biopori dan green learning ke 18 sekolah adiwiyata di Kalsel. Baginya untuk mengajak orang lain memerlukan karya nyata kita sendiri.

"Untuk ajang Eco Region Kalimantan nanti diperlukan persiapan dengan memberikan pengetahuan tambahan tentang lingkungan, dan mengaplikasi pengetahuan dan mengajak orang lain menjaga kelestarian lingkungan," kata Raudhatul Jannah Sahbirin Noor yang turut menghadiri.

Selain Aulia Gusrina Zuz yang ditetapkan sebagai juara pertama Duta Lingkungan Hidup Kalsel 2016, Alia Diva (Banjarmasin) juara 2, Cindy Dwintanandi (Banjarmasin) juara 3 dan M Farid (Hulu Sungai Utara) sebagai Harapan 1.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016