Pemerintah Kabupaten Tabalong menerima bantuan dana pusat untuk pemasangan 1.500 sambungan rumah untuk jaringan layanan air minum bagi masyarakat 18 desa yang tersebar di enam kecamatan.
 
Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong H Nurfitrizal mengatakan bantuan sambungan rumah gratis tersebut dari dana hibah pusat tahun ini sebesar Rp3 miliar.
 
"Surat Penetepan Pemberian Hibah (SPPH) dari Menteri Keuangan sudah terbit 13 Januari 2023 dengan sasaran 18 desa di enam kecamatan," jelas Nurfitrizal di Tabalong, Selasa.
 
Penyaluran hibah dilaksanakan akhir tahun 2023 setelah pekerjaan pemasangan sambungan baru selesai dan telah diverifikasi Kementerian PUPR serta direvisi BPKP.
 
Untuk pelaksanaan pemasangan sambungan baru Dinas PUPR setempat mengalokasikan dana Rp3 miliar dari APBD Kabupaten Tabalong 2023, karena dana hibah penyalurannya pada akhir tahun.
 
Bantuan Sambungan baru 1.500 rumah tersebar di Kecamatan Muara Uya yakni untuk Desa  Binjai, Desa Salikung, Desa Simpung Layung, Desa Uwie, dan Kecamatan Bintang Ara mencakup 
Desa Bumi Makmur dan Desa Dambung Raya.
 
Juga di Desa Jirak, Kecamatan Pugaan, Desa Juai, Desa Kambitin, Desa Kambitin Raya, Desa Pamarangan Kiwa, dan Desa Mahe Seberang, Kecamatan Tanjung.
 
Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak dan di Kecamatan Haruai masing-masing Desa Nawin, Desa Saradang, Desa Wayau, Desa Wirang serta Desa Suput.
 
Bantuan pemasangan sambungan baru pada jaringan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di tiap desa.
 
"Sambungan yang dipasang pada desa yang memiliki jaringan Pamsimas dan berfungsi airnya," tambahnya
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023