Sebagian warga di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menginginkan layanan penerbitan surat izin mengemudi (SIM) yang dilaksanakan oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) polres setempat dibuka kembali.

"Pada periode 2018 saya pernah menikmati program SIM keliling yang dilaksanakan oleh Polres Tanah Bumbu, waktu itu digelar di Depan Pasar Sabtu Desa Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat," kata salah satu warga Kecamatan Simpang Empat Hasanah, di Batulicin Kamis.

Namun, kabarnya layanan itu tidak ada lagi sejak pandemi COVID-19 hingga saat ini.

Menurut dia, layanan SIM keliling yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Tanah Bumbu sangat memudahkan masyarakat yang hendak melakukan perpanjangan masa aktif SIM, khususnya bagi mereka yang tinggal jauh dari kantor kepolisian.

Karena layanan itu sudah tidak aktif lagi maka yang bersangkutan harus mendatangi ke Polres Tanah Bumbu di Jalan Bhayangkara KM 2 Desa Gunung Antasari Kecamatan Simpang Empat.

"Saya tidak tau persis kenapa layanan itu tidak aktif lagi, kalau memang karena pandemi COVID-19 seharusnya layanan itu dibuka kembali karena status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dicabut oleh pemerintah," tuturnya.

Hasanah berharap kepada Satlantas Polres Tanah Bumbu dapat mengaktifkan kembali program SIM keliling mengingat banyak masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tanah Bumbu AKP Guntur Setyo Pambudi menjelaskan, layanan SIM keliling memang sempat dihentikan saat pandemi COVID-19.

Bukan hanya itu, dihentikannya layanan tersebut karena adanya kendala saat melakukan proses pencetakan SIM.

"Kami sudah melaporkan masalah tersebut ke Polda Kalsel, kami juga menunggu realisasi pengadaan mesin baru dari Korlantas Polri karena seluruh perangkat disiapkan dari sana," jelas Guntur.

Hingga saat ini, guntur juga belum mengetahui kapan alat tersebut akan datang. Hanya saja untuk sementara waktu layanan penerbitan SIM dapat dilayani di Polres Tanah Bumbu di Jalan Bhayangkara KM 2 Desa Gunung Antasari Kecamatan Simpang Empat.

"Memang, layanan SIM keliling dapat dirasakan langsung oleh masyarakat karena yang bersangkutan tidak perlu datang ke Polres. Kami terus melakukan koordinasi dengan Korlantas Polri agar pengadaan mesin cetak SIM dapat segera terealisasi sehingga layanan SIM keliling dapat aktif kembali," ujar Guntur.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023