Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin mengapresiasi toleransi warga menjaga kedamaian dan keamanan perayaan Natal tahun 2022 di provinsinya.
 
Menurut dia di Banjarmasin, Minggu, perayaan Natal yang dilaksanakan kaum Nasrani di provinsi Kalsel pada hari ini berjalan lancar, aman dan damai saat pelaksanaan peribadatan di gereja-gereja. 
 
"Kalsel adalah daerah yang tentram dan damai dengan tingginya toleransi antarumat beragamanya, mari kita jaga bersama," ucapnya.
 
Tambrin pun sudah melakukan pemantauan langsung pada malam Natal ke gereja-gereja di Kota Banjarmasin mendampingi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi dan unsur Forkopimda di Kalsel.
 
"Ini kita lakukan bersama untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan misa malam Natal," tuturnya.
 
Tambrin pada momen Natal tahun ini mengajak jemaat untuk memperkuat moderasi beragama di tengah kemajemukan suku, agama, maupun ras untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
 
Moderasi beragama, kata Tambrin, dinilai sebagai solusi tepat untuk mengelola kemajemukan bangsa dan moderasi juga diharapkan mampu menghadirkan wajah asli agama yang pada dasarnya mengajarkan kebaikan.
 
Tidak hanya kepada para jemaat, ajakan juga disampaikan Tambrin kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kalsel agar menjadikan momen Natal dan Tahun Baru untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan memperkuat moderasi beragama.
 
"Mari kita perkuat moderasi beragama dengan saling menghargai dan saling menghormati, untuk membangun dan mengembangkan sikap dan semangat keagamaan, guna terciptanya interaksi sosial yang rukun, humanis dan seimbang dalam masyarakat yang majemuk," ucapnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022