Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan  H Muhammad Tambrin mengimbau tetap  menjaga keamanan umat kristiani melaksanakan perayaan Natal 2022.
 
"Warga Kristiani akan merayakan Natal, kita sebagai masyarakat yang toleransi terhadap umat beragama harus bersatu agar kondisi  aman dan damai," ujarnya, di Banjarmasin, Sabtu.
 
Menurut dia, selama ini hubungan baik antarumat beragama di Kalsel harus terus dijaga, bahkan makin dipererat. Sehingga terus terjalin saling toleransi dan membantu dalam kelancaran, keamanan dan kedamaian peribadatan masing-masing.
 
"Kita harus memberi ruang bagi saudara-saudara kita umat Kristiani untuk melaksanakan prosesi peribadatan mereka dalam merayakan hari raya Natal ini," papar Tambrin.
 
Ia berharap, agar masyarakat memberikan ruang bagi umat Kristiani untuk melaksanakan peribadatan dengan maksimal, baik di gereja maupun di tempat lain. 
 
"Termasuk memberikan ruang bagi parkir-parkir kendaraan mereka yang ingin beribadat, tentunya akan padat di semua gereja di kota ini," ucapnya.
 
Kanwil Kemenag, tegasnya, sangat mendukung para aparat keamanan yang mengawal dengan ketat perayaan Natal di daerah ini.
 
"Jangan hanya aparat keamanan, kita masyarakat sipil juga harus mendukung keamanan pada Natal ini," ujarnya.
 
Dia juga mengapresiasi organisasi Islam, Anshor, Banser dan Kokam yang ikut berpartisipasi langsung di lapangan untuk menjaga keamanan dan kedamaian Natal tahun ini.
 
Ia meyakini, semua umat beragama di Kalsel, yakni Islam, Hindu, Budha dan Konghucu akan mendukung perayaan Natal tahun ini, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya yang selalu berjalan aman dan damai.
 
"Dari informasi dan rapat yang kami laksanakan dengan seluruh penuyuluh agama kristen, katolik dan para pendeta serta pastor.
Juga kepala Kemenag se-Kalsel, hadir pula BIN dan Densus 88 bahwa kondisi Kalsel aman dan damai, tetapi tetap waspada jelas Natal ini," ujar Tambrin.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022