Sebanyak 41 orang pengurus kerukunan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Hulu Sungai Selatan (HSS) periode tahun 2022-2027 dengan Ketua Kerukunan Ronaldi Prana Putra, dikukuhkan di pendopo Bupati HSS.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, mengatakan berterima kasih kepada para pengurus kerukunan BPK HSS yang telah dikukuhkan.

"Saya percaya saudara-saudari dapat mengemban amanah yang diberikan, dengan sebaik-baiknya dan tanggungjawab yang diberikan," katanya, dalam sambutan mengutip keterangan pers Diskominfo HSS kepada ANTARA, Selasa (20/12) malam.

Ia mengapresiasi sinergitas yang telah diberikan selama ini dari Kerukunan BPK HSS kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Baca juga: Bupati hadiri syukuran hari jadi ke-18 BPK HSS

Tugas di kerukunan bukanlah tugas yang ringan tapi tugas yang cukup berat dan penuh dengan tantangan, namun dengan semangat keikhlasan dan pengorbanan, sebesar apapun tantangan diharapkan bisa diatasi bersama.

Posisi pemerintah daerah adalah terus mendorong dan memfasilitasi keberadaan kerukunan BPK, dan secara kelembagaan ditangani Kasatpol PP dan Damkar.

"Mudah-mudahan terjadi komunikasi yang baik, sesuai dengan arahan kita tadi siang pada acara penguatan kelembagaan organisasi binaan Satpol PP dan Damkar," katanya.

Dibutuhkan suasana yang nyaman para kerukunan dengan Satpol PP dan Damkar, sebagai perpanjangan tangan pihaknya dalam menangani masalah-masalah kebakaran.

Dengan semangat kebersamaan ini maka bersama-sama berupaya menyiapkan diri, menghadapi berbagai kemungkinan-kemungkinan terjadi.

Baca juga: Kerukunan BPK HSS diharapkan segera rumuskan kepengurusan organisasi

Meskipun mencegah lebih baik daripada mengatasi, sehingga proses edukasi kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap bahaya bencana kebakaran dan bencana lain menjadi tanggungjawab bersama.

"Kepada para relawan, potensi-potensi sosial yang ada di lapangan selama ini mari kita kuatkan barisan kita bersama," katanya.

Ditambahkan dia, untuk para relawan yang tidak mengenal lelah dan tidak mengenal pamrih, untuk terus mendarmabaktikan segenap kemampuan untuk masyarakat HSS.

Turut hadir, Sekretaris Daerah H. M Noor, para asisten, Kepala Satpol PP dan Damkar Aulia Sofi Azmi, SSTP, para ketua organisasi dan relawan di HSS, HST dan Tapin, serta tamu undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022