Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar H Khalilurrahman yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H.Nasrunsyah melakukan kerjasama bersama PerpuSeru dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) didukung Bill & Melinda Gates Foundation.


"Komitmen kerjasama itu dalam rangka menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup," kata Sekda Banjar di Nusa Dua Bali, mengutip rilis Humas Pemkab Banjar, Jumat.

H Nasrunsyah menegaskan, program PerpuSeru ini bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan harapan dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Dengan adanya program PerpuSeru ini, lanjut Sekda Banjar, Perpusda Kabupaten Banjar akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan pengelolaan perpustakaan umum. Pendampingan meliputi advokasi bagaimana meningkatkan akses dan penggunaan layanan komputer dan internet oleh masyarakat serta bagaimana memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui kegiatan yang melibatkan masyarakat.

“Program PerpuSeru ini berkomitmen mengubah perpustakaan daerah menjadi pusat belajar masyarakat yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dapat membantu masyarakatnya menjalani hidup dengan lebih baik,” jelasnya.

Nasrunsyah menambahkan, program PerpuSeru ini bertujuan mengurangi kemiskinan informasi. Juga untuk meningkatkan pendidikan, kesehatan dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia. Caranya dengan mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan.

“Alhamdulillah, sebagai langkah awal Perpusda di Kabupaten Banjar sudah memperoleh empat unit komputer. Nantinya juga akan ada training SPP (Standard Pengembangan Perpustakaan). Kami berharap, SDM perpustakaan bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana pengembangan perpustakaan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK),” harapnya.

Kegiatan ini diikuti 98 kepala daerah se-Indonesia yang sama-sama sebagai penerima penghargaan dan selain itu juga diikuti kepala perpustakaan kabupaten/kota serta sejumlah pemangku kepentingan nasional dari beberapa kementerian.

Penghargaan PerpuSeru merupakan komitmen kepala daerah. Penghargaan Perpuseru diserahkan langsung oleh Direktur Perpuseru dr.Erlyn Sulistianingsih di Westin Internasional Hotel Nusa Dua Bali.(Tohal/f)

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016