Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barito Kuala (Kadisdukcapil Batola), Kalimantan Selatan Akhmad Wahyuni mengatakan, hadirnya Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kantor Kecamatan Alalak merupakan bentuk pelayanan transformasi Dukcapil Batola.

"Hadirnya ADM ini adalah bentuk transformasi layanan manual ke sistem online," jelas Ahmad Wahyuni,  selepas peresmian Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kantor Kecamatan Alalak, Kamis (8/12/2022).

Menurut dia, ADM pertama di Batola di letakkan di Kecamatan Alalak karena posisinya dinilai strategis, sehingga masyarakat Kecamatan Tabunganen, Mekarsari, Tamban, Tabunganen, Anjir Muara, Anjir Pasar tidak perlu jauh ke Marabahan untuk mencetak kartu keluarga.

Selain itu, sebut dia, karena tingginya kepadatan penduduk perlu layanan kependudukan lebih. 

Penjabat Bupati Batola Mujiyat menyambut baik terlaksananya launching atau peluncuran ADM tersebut. 

Keberadaan ADM, jelas dia,  sangat penting dalam rangka optimalisasi layanan berbasis elektronik di Batola,  khususny layanan administrasi kependudukan secara daring. 

"Pemkab Batola tengah melakukan upaya transformasi digital secara menyeluruh, serta berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, " jelasnya. 

Pelayanan yang berubah dari manual ke sistem pelayana  online, dia berharap,  mampu mempercepat pelayanan administrasi kependudukan. 

"Hadirnya ADM ini tentunya juga mencegah adanya calo dalam pengurusan administrasi kependudukan, " ungkapnya.

Mujiyat mengucapkan terimakasih atas inovasi dari Dukcapil Batola dan berharap kedepannya akan ada selalu inovasi semacam ini demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Batola. 

Acara dilanjutkan dengan peresmian ADM secara simbolis dengan pemotongan untaian melati serta dilakukan uji coba pertama penggunaan ADM oleh Pj. Bupati. Seperti diketahui, ADM ini sendiri berada di halaman kantor Kecamatan Alalak.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022