Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan Saripani mengatakan wacana penambahan daerah pemilihan (Dapil) tersebut memang sudah diusulkan ke KPU Republik Indonesia.

"Dalam rancangan daerah KPU Kabupaten Balangan sendiri mengajukan opsi penambahan Dapil yang mulanya tiga Dapil menjadi empat Dapil," kata Saripani di Paringin, Rabu.

Dia menjelaskan, pada rancangan Dapil baru tersebut, Dapil satu meliputi Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan, Dapil dua meliputi Kecamatan Juai dan Halong, Dapil tiga meliputi Kecamatan Batumandi dan Lampihong serta Dapil empat meliputi Kecamatan Awayan dan Tebing Tinggi.

Sebelumnya ucap dia, Balangan sendiri hanya terbagi menjadi tiga Dapil yaitu Dapil pertama meliputi Kecamatan Paringin, Paringin Selatan dan Lampihong. Dapil dua Kecamatan Juai dan Halong serta Dapil tiga Kecamatan Batumandi, Awayan dan Tebing Tinggi.

Sementara Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Balangan Syamsudinoor, mengaku sangat mendukung realisasi penambahan Dapil ini, mengingat volume durasi yang dilaksanakan pada Pemilu 2024 sangat banyak.

“Dengan adanya perubahan Dapil ini akan lebih proporsional, yaitu dengan wilayah lebih kecil, tentu pelaksanaan pemilu lebih akuntabel, transparan dan lebih penting dalam sisi kemanusiaan,” ujarnya.

Menurut dia, kalau secara politik maka peserta yang ikut dirugikan apabila ada perubahan Dapil, mengingat selama ini pembinaan konstituen dilakukan oleh individu kader menjadi terbagi.

Misalnya Dapil satu sebelumnya Kecamatan Paringin, Kecamatan Paringin Selatan dan Kecamatan Lampihong yang sudah terkoneksi menjadi terbelah atau terpisah. Tetapi demi kepentingan yang lebih besar pihaknya pribadi tidak mempermasalahkannya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022