Wakil ketua DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan, Mukhni As hadiri panen dan tanam jagung bersama kelompok tani Rukun Makmur di Desa Pramasan Kecamatan Hampang.

" Petaninya luar biasa mampu panen jagung seluas 18 hektar, ini harus sebagai contoh buat daerah lain " kata Mukhni As di laporkan di Kotabaru Ahad.

Menurut dia, komoditi jagung masih kurang di minati warga kelompok tani di beberapa daerah, dengan panen ini membuktikan bawa komoditas jagung mampu menghasilkan nilai ekonomis.

" Pemahaman masyarakat harus di rubah untuk memanfaatkan lahan dan pengolahan yang di jadikan perkebunan komoditi jagung  di wilayah kabupaten Kotabaru sangat berpotensi" katanya

Mukhni As juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani yang mampu lahan tidur menjadi lahan produktif.

Ia berharap, kepada kalangan anggota DPRD yang lain untuk memberikan program program pokok pemikiran (pokran) kepada petani di daerah pemilihan masing masing hingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara itu,  plt  Kepala Dinas Pertanian KoKotabaru Akhmad Junaidi mengungkapkan, komoditi panen dan tanam yang di lakukan berjenis NK atau bisi.

" luar biasa hasil panen mampu menghasilkan 9.9 ton / Ha berdasarkan hasil nilai berdasarkan ubinan " kata Juniadi.

Ia berharap, para penggiat pertanian di kotabaru mampu memanfaatkan lahan kosong yang masih banyak untuk di jadikan perkebunan baik melalui pribadi atau kelompok tani.

Dengan demikian kita akan menjadi penyokong ketahanan pangan bagi kotabaru sendiri, dan akan meningkatkan perekonomian warga masyarakat.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022