Sebagai bentuk kepedulian turut mencerdaskan kehidupan bangsa, Perwira Pertamina Tanjung Field Kabupaten Tabalong berbagi inspirasi melalui kegiatan Pertamina Energi Negeri (PEN) 5.0 kepada siswa SD Negeri Padangin Kecamatan Muara Harus, Senin (21/11).

Perwakilan manajemen Pertamina Tanjung Field, Johan Lil Muttaqin, menyampaikan melalui PEN 5.0 diharapkan perwira Pertamina Tanjung Field mampu membangun kepekaan sosial dan membagikan insight berkaitan dengan nilai kehidupan khususnya akhlak kepada siswa SD Negeri Padangin.

 "PEN 5.0 menjadi bukti nyata Pertamina Tanjung Field tidak hanya berkomitmen menjaga stabilitas energi negara namun berkontribusi bidang sosial khususnya pendidikan," jelasnya.

 PEN sendiri pertama kali diinisiasi perwira Pertamina yang tergabung dalam Komunitas Bergerak tahun 2016 sebagai salah satu rangkaian HUT Pertamina yang diperingati setiap 10 Desember.

 Sempat terhenti karena pandemi COVID-19, PEN kembali digelar serentak tahun 2022 di 65 sekolah di 35 kota se-Indonesia pada 21 November 2022.

Kegiatan PEN tahun kelima yang bertepatan dengan tahun ulang tahun Pertamina ke 65 kemudian disebut PEN 5.0 dengan mengusung tagline “Sharing, Caring, Giving 65”.

Pertamina Tanjung mengirimkan 10 orang relawan yang merupakan karyawan dari berbagai fungsi untuk berbagi peran sebagai pengajar, fasilitator, dan dokumentator kegiatan PEN 5.0 di SD Negeri Padangin.

Dalam pelaksanaannya, perwira pertamina menyampaikan materi pengajaran terkait pertamina yaitu sejarah dan proses bisnis pertamina, menyosialisasikan core value Pertamina akhlak melalui contoh kehidupan sehari-hari.

Termasuk mengajarkan kesetaraan gender melalui materi woman empowerment serta materi pembelajaran Bahasa Inggris yang dikemas dengan permainan menyenangkan.

Perwira Pertamina juga mengkampanyekan anti bullying kepada siswa SD Negeri Padangin.

Di akhir kegiatan perwira mengajak siswa-siswi untuk menuliskan cita-cita dan menggantungkannya di pohon harapan.

Pertamina Tanjung Field juga memberikan bantuan kepada sekolah berupa alat kebersihan, bibit pohon, perlengkapan mengajar, paket alat tulis siswa, dan perlengkapan sekolah.

Wakil Kepala SD Negeri Padangin Siti Masmuran menyampaikan rasa terima kasih kepada Pertamina yang memberikan bantuan.
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)

Baginya bantuan yang diberikan sangat bermanfaat karena SD Negeri Padangin berada di pelosok memiliki banyak kendala dalam kegiatan belajar mengajar dikarenakan minimnya sarana dan perlengkapan pembelajaran.

Salah satu Perwira Pertamina Tanjung Field Muhamad Nahrowi mengatakan PEN 5.0 Perwira Pertamina ini bukan sekadar datang memberikan bantuan fisik, namun menjadi concern pertamina membagikan nilai-nilai akhlak kepada generasi penerus bangsa.

Melalui hal sederhana, seperti bermain dan belajar di kelas diharapkan bisa menginternalisasikan nilai-nilai akhlak dan  kehidupan yang baik lainnya kepada para siswa.(Ana Nur Latifah)

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022